5 Tips Membuat Kue Lembut serta Empuk

Apakah Anda sering mengalami kegagalan ketika membuat kue? Entah kue yang tidak mengembang atau tekstur kue yang terlalu keras. Tentunya Anda tidak ingin hal-hal ini terjadi bukan? Bila Anda berniat untuk membuat kue, maka Anda dapat membaca sedikit tips dari kami yang mungkin berguna dalam mengurangi tingkat kegagalan Anda ketika membuat kue. Namun tak dapat dipungkiri bahwa kita membutuhkan sebuah oven saat  membuat kue, maka pastikan Anda memiliki sebuah oven, namun jika belum, Anda dapat membelinya secara online diberbagai online shop ternama, seperti Oxone dan lain-lain. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika membuat kue.

  1. Mencampur dan Mengaduk Adonan

Membuat kue membutuhkan sebuah reaksi kimia, dimana berbagai bahan diaduk menjadi satu dalam sebuah urutan demi menghasilkan sebuah reaksi tertentu. Misalnya, untuk mendapatkan tekstur chiffon cakes atau sponge cakes yang sangat lembut, Anda harus mengaduk putih telur hingga mengembang baru kemudian mencampurkan kocokan telur kedalam adonan. Udara yang tergabung dalam adonan kue ini akan membuat hasil akhir yang terasa kenyal serta elastis. Oleh karena itu penting sekali untuk memperhatikan instruksi resep secara seksama, sebab urutan pemasukan bahan serta cara pembuatan kue sangat menentukan hasil akhir.

  1. Cara Memanggang

Untuk membantu Anda mendapatkan panas yang tepat, Anda dapat menggunakan termometer. Selain itu peletakkan kue pada panggangan juga penting. Umumnya, untuk mendapatkan hasil panggangan yang cantik, Anda harus meletakkan kue tepat di tengah oven. Meletakkan kue di tingkat teratas atau terbawah akan menyebabkan kue menjadi terlalu coklat. Untuk mengetahui tingkat kematangan, Anda dapat menekan bagian tengah kue, apabila ketika ditekan kue kembali kebentuk semula, maka kue sudah matang. Anda juga dapat memasukkan tusuk gigi, bila tidak ada adonan yang menempel maka kue Anda sudah matang.

  1. Ukuran Loyang

Pastikan Loyang yang Anda miliki dapat menampung adonan kue secara maksimal. Jika Loyang yang Anda miliki terlalu kecil maka kue Anda akan meluber. Selain itu, warna loyang juga penting, loyang kaca atau loyang berwarna hitam biasanya membutuhkan penuruna suhu baking hingga 25 derajat ketimbang penggunaan loyang alumunium.

  1. Penggunaan Tepung

Umumnya terdapat berbagai jenis tepung dengan kadar protein yang berbeda. Semakin tinggi kadar proteinnya, maka semakin tinggi pula kadar glutennya. Sedangkan tepung beras memiliki lebih sedikit protein sehingga sangat cocok digunakan dalam membuat kue yang bertekstur ringan.

  1. Dinginkan kue Anda

Setelah matang, diamkan selama 20 menit, kemudian pindahkan kue dari loyang. Cara terbaik memindahkan kue dari loyang ialah dengan meletakkan piring penyajian di atas loyang kemudian balik loyang dan ketuk bawah loyang perlahan atau goyang loyang secara perlahan hingga kue terlepas dari loyang.

Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi Anda yang hendak membuat kue. Pastikan Anda membaca serta mengikuti, setiap bahan serta cara yang diperlukan ketika membuat sebuah resep kue. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s