Tips Mudah Menyimpan Daging Tetap Segar di Kulkas

Seperti yang kita ketahui, daging sangatlah mudah terpapar bakteri. Apabila, jumlah bakteri yang terdapat di daging cukup banyak, tentunya hal itu akan memengaruhi kesegaran serta kualitas daging. Oleh karenanya, penting sekali mengetahui bagaimana cara menyimpan daging agar tetap segar ketika akan diolah.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa tips yang perlu Anda ketahui apabila Anda hendak menyimpan daging di kulkas. Salah satunya adalah dengan menggunakan kontainer plastik yang dapat Anda beli secara online di berbagai tempat, seperti oxone kontainer yang dapat membuat Anda menyimpan daging lebih rapi dan nyaman. Bila Anda sudah memiliki tempat penyimpanan yang baik, maka ada baiknya Anda mengetahui juga langkah yang tepat menyimpan daging dalam kulkas. Berikut ulasannya.

Suhu Kulkas

Penting sekali untuk mengetahui berapa suhu kulkas Anda karena suhu terbaik untuk menyimpan daging berkisar antara 34° dan 40°F. Untuk mengetahui dan mengatur suhu kulkas, Anda dapat melakukan tes kecil-kecilan seperti ini.

  1. Letakkan thermometer pada segelas air
  2. Kemudian letakkan gelas yang berisi air dan thermometer di tengah kulkas
  3. Diamkan selama 5 hingga 8 jam
  4. Jika suhu tidak berada pada 38° hingga 40°F, maka atur suhu kulkas Anda hingga mencapai suhu tersebut

Kesegaran Kulkas

Selain menjaga suhu kulkas berada dalam kisaran seharusnya, terdapat pula beberapa hal yang dapat memengaruhi kesegaran daging yaitu kesegaran kulkas itu sendiri. Berikut adalah tips menjaga kulkas agar tetap segar .

  1. Jangan terlalu sering membuka tutup kulkas, terutama pada cuaca yang lembab. Hal ini akan memicu kulkas bekerja lebih.
  2. Bersihkan kulkas Anda secara berkala untuk mengurangi bau tak sedap. Selain itu, membersihkan kulkas juga akan mengurangi penyebaran bakteri yang hidup melalui makanan yang sudah tak segar namun masih Anda simpan.
  3. Simpan daging serta seafood mentah di dalam sebuah kotak, sehingga air dari daging tidak menetes mengotori kulkas dan makanan serta minuman Anda.
  4. Jangan menyimpan daging mentah terlalu lama. Maksimal waktu penyimpanan adalah 2 hingga 3 hari. Daging yang disimpan dalah kulkas lebih dari 3 hari akan berkurang tingkat kesegarannya.

Demikianlah tips dari kami, semoga tips yang kami sajikan bermanfaat dan dapat menjaga daging Anda tetap segar sebelum diolah. Selamat mencoba!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s