7 Tips Bermanfaat Dalam Membuat Roti di Rumah

Apakah Anda adalah penikmat roti dan ingin membuat roti sendiri di rumah? Selama ini, mungkin Anda biasa membeli roti kesukaan Anda. Namun, tahukah Anda bahwa membuat roti ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan Anda dapat membuat roti kesukaan Anda dengan Automatic breadmaker oxone ataupun alat pembuat roti lainnya. Hanya diperlukan keinginan dan beberapa bahan untuk membuat roti sesuai dengan yang Anda inginkan. Apabila Anda sudah terbiasa, membuat roti dapat menjadi salah satu kegiatan baru yang menarik.

  1. Baca petunjuk

Meskipun Anda telah merasa hafal akan semua petunjuk pembuatan roti, namun tak ada salahnya untuk membaca petunjuknya. Diharapkan dengan membaca cara pembuatan Anda tidak akan melewatkan hal-hal penting yang perlu Anda ketahui.

  1. Mulailah dengan Roti Sederhana

Terdapat 4 bahan utama roti yaitu tepung terigu, ragi, air, dan garam. Namun, jangan pernah meremehkan 4 bahan utama ini karena meskipun terlihat sederhana, cara membuatnya belum tentu mudah. Sebaiknya Anda mulai membuat roti seperti challah atau focaccia. Meskipun challah membutuhkan telur serta mentega, tetapi memanggangnya tidaklah terlalu sulit. Begitu pula dengan focaccia.

  1. Persiapkan Semua bahan yang dibutuhkan

Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan dan letakkan di atas meja dapur Anda. Dengan ini, Anda pun dapat menghemat waktu Anda.

  1. Beli Alat timbang

Pastikan Anda menimbang seluruh bahan yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil roti yang baik membutuhkan takaran bahan yang tepat.

  1. Kenali jenis ragi

Gunakan ragi basah untuk mendapatkan hasil dan rasa roti yang baik. Selain itu, Apabila Anda tidak dapat menggunakan ragi, Anda dapat menggunakan sayur yang di fermentasikan atau yogurt sebagai pengganti ragi.

  1. Uleni adonan dengan baik

Perhatikan adonan roti yang Anda buat. Uleni dengan baik sesuai dengan apa yang tangan Anda rasakan. Apabila dirasa adonan kurang lembut, uleni adonan sampai mendapatkan kelembutan yang diinginkan.

  1. Perhatikan suhu oven

Saat roti sedang dipanggang, perhatikan keadaan roti tersebut. Perhatikan warna roti jika warna telah berubah menjadi cokelat maka segera angkat. Jangan sampai roti tersebut terpanggang terlalu lama dan gosong.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s