Memilih Talenan Yang Tepat

Talenan adalah alat memasak yang sering kita jumpai di dapur. Talenan biasa digunakan untuk memotong bahan makanan. Karena talenan merupakan peralatan dapur yang sering sekali digunakan, pastikan Anda memilih talenan dengan kualitas terbaik. Dengan banyaknya jenis talenan yang beredar, Anda mungkin sulit untuk menentukan mana talenan yang terbaik untuk Anda. Selain itu berbagai jenis talenan dibuat untuk memenuhi kebutuhan dapur yang berbeda pula. Lalu jenis talenan mana yang cocok untuk Anda?

  1. Kayu

Talenan berbahan kayu merupakan model talenan yang cukup baru. Biasanya talenan ini menggunakan kayu bekas sebagai bahan utama. Talenan kayu yang cukup tebal dapat membuat ketajaman pisau tetap terjaga. Selain itu, talenan ini tidak mudah tergores seperti talenan berbahan plastik. Bila Anda tertarik untuk memiliki talenan kayu Anda dapat membelinya di berbagai toko terdekat atau membelinya secara online di oxone atau berbagai toko online lainnya.

  1. Plastik

Banyak orang mengira talenan berbahan plastik lebih bersih dibandingkan talenan bahan lain seperti kayu atau bambu. Memang talenan berbahan plastik lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan jenis lain. Namun, menurut penelitian, talenan berbahan plastik menyimpan bakteri lebih banyak daripada talenan berbahan kayu. Selain itu talenan berbahan plastik dapat menyimpan zat kimia yang sulit untuk dibersihkan. Perlu Anda perhatikan saat permukaan talenan plastik teriris, otomatis permukaan talenan ikut teriris dan ada kemungkinan irisan tersebut tercampur dengan makanan Anda.

  1. Bambu

Talenan berbahan bambu merupakan talenan yang ramah lingkungan. Selain itu, talenan dengan bahan ini diyakini sama bersihnya dengan bahan kayu karena tidak menyerap air terlalu banyak. Namun, talenan berbahan bambu biasanya cukup mudah untuk tergores pisau, sehingga untuk pemakaian jangka panjang dapat mempersulit Anda dalam mengolah makanan.

  1. Kaca

Talenan dengan bahan kaca ini merupakan jenis talenan yang paling terjamin kebersihannya. Selain itu permukaan kaca tidak akan mudah tergores sehingga tidak memungkinan untuk meninggalkan bakteri. Sisa dan bau makanan juga tidak akan tertinggal di talenan karena talenan berbahan kaca juga sangat mudah untuk dibersihkan. Namun, talenan berbahan kaca cukup berat ketimbang talenan dengan bahan plastik maupun kayu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s