Cara Membersihkan Dan Memelihara Kompor Gas

Kompor gas merupakan salah satu peralatan dapur utama yang paling sering digunakan. Tanpa disadari kompor gas yang digunakan sehari-hari menyimpan banyak sekali kotoran yang mungkin tidak Anda lihat. Menjaga kebersihan kompor gas merupakan salah satu esensi yang harus dilakukan dalam pemeliharaan kompor gas. Ketimbang mengganti kompor dengan yang baru Anda dapat juga membersihkan kompor Anda sehingga terlihat seperti baru lagi. Terlebih lagi, membersihkan kompor dapat membuat kompor Anda lebih awet. Namun, jika sudah rusak, membeli yang baru adalah solusi terbaik. Anda dapat membeli kompor baru di berbagai toko swalayan terdekat atau secara online di oxone ataupun berbagai gerai online lainnya.

Pembersihan kompor gas cukuplah mudah, namun Anda harus memahami kompor gas yang Anda miliki. Tidak seluruh kompor gas memiliki cara pembersihan yang sama. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai acuan untuk membersihkan kompor gas Anda.

  1. Mulailah dengan memindahkan tatakan kompor dan rendam dengan air sabun hangat.
  2. Gosok kotoran-kotoran yang berada pada permukaan kompor gas dengan menggunakan sikat kering atau tisu kering.
  3. Semprot permukaan kompor gas dengan menggunakan campuran cuka dan air kemudiakan diamkan beberapa saat. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan handuk pembersih atau tisu. Pastikan Anda juga membersihkan bagian belakang dan tombol kompor. Campuran cuka dapat menghilangkan noda yang terdapat pada kompor gas dengan mudah, namun untuk noda membandel tetap harus menggunakan bantuan sabun.
  4. Taruh sabun pada gosok gigi untuk membersihkan kompor gas. Bersihkan kotoran-kotoran yang telah tergosok dengan handuk pembersih.
  5. Copot penutup api dan rendam dengan air sabun hangat. Apabila penutup api berminyak, gosok dengan sabun terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa minyak yang menempel.
  6. Copot inti pembakar dan bersihkan segala kotoran yang terdapat pada bagian tersebut.
  7. Pastikan Anda membersihkan segala kotoran yang terdapat pada kompor gas sebelum Anda memasang kembali seluruh alat yang sudah dibersihkan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s