Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengukus Sayuran

Banyak orang yang memilih pengkukusan sebagai salah satu cara untuk memasak. Selain mudah dilakukan, makanan yang dikukus pun lebih sehat karena terbebas dari lemak jahat. Hampir seluruh jenis makanan dapat Anda kukus, namun sayur-sayuran lah yang lebih sering dipilih dalam metode memasak ini. Bila Anda berkeinginan untuk mengukus masakan Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli peralatan kukus. Anda dapat membeli alat kukus di pasar atau swalayan terdekat atau juga dapat mebelinya secara online, seperti halnya brazier steamer Oxone yang sesuai dengan kebutuhan pengkukusan Anda. Namun terdapat beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan pengkukusan yang sempurna, seperti berikut:

 

Hal yang harus diperhatikan dalam mengkukus sayuran

  • Potong sayuran menjadi ukuran yang sama agar dapat matang merata dan hindari pengkukusan yang terlalu lama.
  • Anda dapat mencampurkan berbagai macam sayur menjadi satu namun perlu diperhatikan proses pematangan setiap jenis. Rebus sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk matang terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan dengan sayuran yang lebih cepat matang. Hal ini dilakukan untuk meghindari tingkat kematangan sayur yang berbeda.
  • Selain itu, sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk matang dapat Anda potong menjadi bagian yang cukup kecil agar lebih cepat matang.
  • Hindari pengkukusan yang terlalu lama agar sayuran tidak lembek.

 

Cara mengkukus makanan

  • Potong sayuran yang akan digunakan sesuai dengan yang diinginkan. Potongan yang lebih kecil akan lebih cepat matang daripada potongan yang besar.
  • Masukkan air ke dalam panci secukupnya untuk mengkukus makanan. Pastikan air yang digunakan cukup untuk mengkukus makanan sampai matang, jangan sampai kurang karena air bisa lama kelamaan akan berkurang.
  • Letakkan piringan kukusan ke dalam panci. Pastikan air tidak sampai mengenai dasar piringan kukusan.
  • Rebus air sampai mendidih dengan api besar dan masukkan sayuran ke dalam panci. Atur peletakan sayur agar semua matang merata.
  • Tutup panci saat sayur mulai dikukus dan kecilkan api menjadi api sedang.
  • Periksa kematangan sayur setelah beberapa menit. Apabila sayur terasa kurang matang dan belum mencapai tingkat kelembutan yang di inginkan, lanjutkan pengkukusan.
  • Sudahi pengkukusan apabila sayuran dirasa sudah matang. Matikan api saat sayuran masih sedikit terasa garing untuk menghindari sayuran yang terlalu lembek, karena sayuran akan semakin matang dengan sendirinya selama di dalam panci.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s