Langkah Membuat Roti

Apakah Anda penyuka roti, pizza, kue? Apakah Anda tertarik untuk membuat roti sendiri? Dengan kecanggihan teknologi Anda dapat membuat roti dengan mesin otomatis yang banyak dijual di pasar, salah satunya adalah automatic breadmaker Oxone. Namun Anda dapat juga membuat sendiri adonan roti di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana secara tradisional, seperti berikut ini.

Bahan – bahan:

– 10 cup Tepung Roti

Gunakan tepung putih khusus untuk roti bukan tepung serbaguna ataupun tepung gandum dan lainnya. Takaran untuk tepung tidak harus spesifik. Anda cukup menambahkan tepung sedikit demi sedikit jika Anda rasa diperlukan. Karena pengaruh udara dan kelembaban dapat mempengaruhi hasil adonan. Sehingga Anda hanya perlu memperkirakan apakah adonan yang Anda buat sudah sesuai dengan keinginan atau belum.

 – 1 liter susu

Penggunaan susu yang cukup banyak dapat membuat adonan menjadi segar dan bertekstur lembut. Anda dapat menggunakan air biasa sebagi pengganti susu atau menggabungkan susu dengan air biasa dengan rasio yang sama. Anda dapat menggunakan susu jenis apapun. Pastikan susu atau air yang Anda gunakan harus dihangatkan terlebih dahulu.

– 2 sendok bubuk ragi

Anda dapat menggunakan ragi jenis apapun sesuai dengan keinginan Anda. Namun ragi instan akan memudahkan Anda dalam pembuatan resep.

– 2 sendok mentega tawar untuk panci atau mangkok jika diperlukan, 2 sendok gula serta 1 sendok garam.

 

Cara Membuat:

  • Campurkan 4 cup tepung, 2 sendok ragi instan dan 2 sendok gula pada mangkok besar dan aduk rata.
  • Tambahkan 2 sendok mentega tawar cair pada campuran tepung dan aduk rata.
  • Masukkan 1 liter susu hangat ke campuran tepung dan aduk sampai adonan mengental. Anda bisa menggunakan tangan atau sendok untuk mengaduk.
  • Tambahkan tepung sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil di aduk rata. Tambahkan tepung terus menerus sampai adonan menjadi kental bertekstur. Biasanya Anda perlu menambahkan 4-5 cups tepung. Adonan siap diolah apabila bisa di bentuk.
  • Taburi permukaan meja dengan tepung. Letakkan dan uleni adonan pada taburan tepung. Uleni adonan dengan gerakan ringan dengan cara melipat-lipat adonan ke bagian tengah. Uleni adonan sampai adonan halus dan dapat dibentuk. Buat adonan menjadi bulat, letakkan ke dalam mangkok dan tutupi mangkok dengan kain kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit agar adonan mengembang.
  • Tuang kembali adonan ke permukaan meja yang sudah dilumuri tepung. tekan adonan sampai rata dan taburi garam pada permukaan adonan. Lipat adonan ke bagian dalam sebanyak 3 sampai 4 kali dan bentuk adonan menjadi bulat kembali. Letakkan adonan pada panci dan sapu permukaan adonan dengan mentega dan diamkan adonan selama 40-60 menit agar mengembang sempurna.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s