Cara mengolah seafood

Seafood merupakan salah satu jenis makanan yang digemari orang Indonesia. Apabila Anda juga merupakan penggemar seafood, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke restaurant untuk menikmati hidangan laut karena Anda pun dapat memasak hidangan seafood yang lezat. Sebenarnya, seafood tergolong mudah untuk diolah sendiri.  Terlebih lagi, Anda dapat menghaluskan secara mudah menggunakan chopper Oxone. Berikut beberapa tips dalam mengolah seafood:

Ikan:

  • Oven

Olesi ikan dengan minyak, mentega atau saus. Oven selama 10 menit. Danging fillet dan daging steaks bertekstur sedikit kasar lebih cocok untuk dipanggang.

  • Panggang

Olesi panggangan dan ikan dengan minyak agar tidak lengket. Olesi ikan dengan minyak, mentega atau saus. Panggang selama 10 menit. Jenis fillet dan daging steaks yang cocok untuk dipanggang bertekstur sedikit kasar.

  • Pan frying atau Tumis

Lumuri ikan dengan tepung sebelum digoreng. Gunakan sedikit minyak atau mentega untuk menggoreng ikan. Goreng ikan sampai kecoklatan selama 10 menit. Kemudian tumis daging ikan yang sudah dimasak bersama sayur tumisan lainnya.

  • Rebus

Rebus ikan dengan susu, kaldu, air, bumbu atau sayur-sayuran sampai mendidih selama 10 menit.

  • Kukus

Masukkan air pada alat kukus Oxone dan masak sampai mendidih. Masukkan ikan ke dalam alat steam dan diamkan selama 10 menit.

  • Microwave

Letakkan ikan di microwave selama 3 menit. Balikkan ikan selama proses microwave. Keluarkan ikan dari microwave saat warna ikan sudah berubah menjadi kecoklatan. Diamkan selama 3-5 menit sebelum dimasukkan kembali ke microwave untuk pematangan.

  • Goreng

Lumuri ikan dengan bumbu atau tepung bumbu. Masukkan ikan berbumbu ke dalam minyak yang sudah panas. Goreng sampai ikan berwarna coklat keemasan.

 

Kerang-kerangan, dan udang:

  • Udang

Baisanya udang memerlukan waktu 3-5 menit untuk matang, namun waktu ini berbeda berdasarkan ukuran udang. Masak udang sampai berubah warna menjadi ke merahan.

  • Kerang

Cangkang kerang akan terbuka saat sudah matang. Buang cangkang saat sudah matang.

  • Scallop

Masak scallop selama 3-4 menit sampai warna berubah menjadi kecoklatan. Waktu ini berbeda berdasarkan ukuran scallop.

  • Lobster

Lobster berukuran ¼ kg memerlukan waktu sekitar 18-20 menit untuk matang. Lobster sudah matang saat warna berubah menjadi merah terang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s