Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan dapur berbahan Stainless Steel

Pernahkah Anda membeli peralatan dapur stainless steel dan menemukan karat menempel pada peralatan Anda setelah beberapa lama pemakaian? Padahal seharusnya peralatan stainless steel tidak boleh berkarat akan tetapi sebagian produsen tidak menggunakan kadar baja dan stainless steel yang tepat sehingga kualitas produk yang dihasilkan pun tidak memuaskan.

 

Hal ini lumrah teradi, oleh karena  itu mengetahui vendor yang menjual produk stainless berkualitas sangatlah penting. Anda dapat menemukan banyak vendor stainless steel, namun salah satu rekomendasi kami adalah peralatan dapur oxone yang lebih terjamin mutunya. Akan tetapi, jika Anda telah terlanjur membeli produk stainless yang ternyata berkarat, kami punya solusinya. Seperti berikut ini:

  • Cuka putih

Tuangkan cuka putih pada spons cuci dan bersihkan karat. Karat akan perlahan luruh dan cepat menghilang.

  • Lemon dan baking soda

Buatlah campuran dari air lemon dan baking soda kemudian gunakan spons untuk membersihkan karat. Untuk karat yang tebal dan menggumpal, Anda harus mendiamkan campuran pada karat selama kurang lebih 15-30 menit sebelum membersihkannya dengan spons.

  • Lemon dan cream of tartar

Campurkan satu sendok makan cream of tartar dengan beberapa tetes air lemon. Bersihkan karat dengan spons dan gosok dengan kuat.

  • Lemon dan garam

Taruh sedikit garam pada karat dan tambahkan air lemon sampai karat terendam. Diamkan selama kurang lebih 2-3 jam kemudian bersihkan karat.

  • Air soda

Tuangkan air soda pada karat dan lap dengan kain.

  • Kentang dan sabun cuci

Potong kentang menjadi setengah dan taruh sabun cuci atau baking soda pada potongan kentang. Bersihkan karat dengan potongan kentang tersebut. Jika kentang yang digunakan tidak cukup, Anda  dapat memotong ketang lagi untuk digunakan.

  • Soda Api

Anda dapat menggunakan soda api untuk menghilangkan karat. Gunakan kain untuk menggosok karat dan pastikan Anda jauh dari benda yang mengeluarkan panas atau api saat menggunakan bahan ini untuk membersihkan karat.

  • Kertas Alumunium dan minyak

Remas kertas alumunium  menjadi sebuah bola dan taruh miyak pada karat. Gosok karat dengan aluminium foil dan bersihkan dengan kain lap.

  • Asam Sitrun

Larutkan Asam Sitrun dengan air dan basahi karat dengan air tersebut. Diamkan selama kurang lebih 1-2 menit dan bilas dengan air bersih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s