Cara Mengolah Steak Dengan Menggunakan Teplon

Daging steak memang nikmat rasanya, dan memasaknya pun tidak sulit bila tahu caranya. Berikut kami sajikan cara membuat steak yang lezat nan empuk hanya dengan menggunakan wajan anti lengket atau teplon dan kompor. Apabila Anda belum memiliki teplon Anda dapat dengan mudah membelinya di berbagai toko swalayan terdekat atau di berbagai online shop khusus peralatan rumah tangga.

Saran kami, sebaiknya Anda menggunakan teplon dengan material yang aman bagi kesehatan, salah satu rekomendasi kami adalah teplon oxone yang sudah terjamin mutunya. Berikut adalah beberapa langkah membuat steak lezat.

 

Bahan dan Perlengkapan

  • Garam
  • Lada
  • Bumbu (optional)
  • Teplon
  • Minyak goreng
  • Alat penjepit
  • Mentega Putih
  • Sendok
  • Thermometer daging

Step 1

Lumuri kedua sisi daging steak dengan garam kemudian diamkan selama kurang lebih 45 menit sebelum dimasak dan diamkan pada suhu ruangan. Garam berteksture kasar lebih efektif untuk melembabkan dan memberikan rasa asin yang ringan. Cara ini bertujuan untuk membuat daging menjadi lembap dan empuk.

Step 2

Taburkan lada, rempah-rempah seperti daun thyme, tarragon dan rosemary dan bumbu yang Anda inginkan pada steak sebelum dimasak.

Step 3

Panaskan wajan atau Teplon dengan suhu sedang hingga tinggi. Diamkan wajan sampai cukup panas lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Kemudian diamkan hingga panas.

Step 4

Letakkan steak di atas wajan dan diamkan sekitar 2 menit sampai keluar asap kemudian balikkan steak ke sisi lain. Pastikan steak selalu dibalikkan agar bisa matang merata dan tidak gosong.

Step 5

Tambahkan mentega putih di wajan untuk menambahkan rasa pada steak dan  membuat steak menjadi kecoklatan. Ambil minyak dan lelehan mentega pada wajan kemudian tuangkan ke atas steak dan lakukan beberapa kali agar steak dapat matang kecoklatan. Jangan memasak steak terlalu lama agar daging steak tidak a lot.

Step 6

Anda dapat menggunakan thermometer daging untuk mengukur tingkat panas. Angkat steak pada suhu 115 derajat Fahrenheit untuk mendapat hasil steak rare, 125 F untuk hasil medium-rare, 135 F untuk medium, 145 F untuk untuk medium-well dan 155 F untuk well-done. Waktu memasak berbeda-beda berdasarkan  ketebalan daging dan jenis wajan yang digunakan. Biasanya ketebalan steak yang digunakan untuk medapatkan hasil medium adalah  1,5 inch dan dimasak selama kurang lebih 8 menit.

 

Step 7

Sajikan steak saat sudah matang, jangan diamkan steak dalam wajan terlalu lama untuk menghindari steak menjadi kering. Diamkan steak selama kurang lebih 5 menit agar steak dapat menyerap bumbu dan minyak yang dikeluarkan pada saat proses memasak. Hal ini dilakukan agar steak tidak mengeluarkan minyak berlebih saat di potong.

 

 

Tips

 

Jangan mendiamkan daging sapi pada suhu ruangan selama lebih dari 2 jam atau suhu di atas 90 F selama lebih dari 1 jam.

 

Steak yang dimasak dengan waktu lama akan menghasilkan daging yang kurang empuk. Untuk mendapatkan steak yang empuk, masaklah steak sampai tingkat kematangan medium.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s