8 Tips untuk Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Ikan adalah salah satu sumber protein yang memiliki kadar omega 3 tertinggi dibandingkan dengan daging lainnya. Selain itu ikan juga rendah lemak jahat serta tinggi akan kalsium, tak heran ikan menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin hidup lebih sehat. Akan tetapi bagi sebagian orang, ikan memiliki bau amis yang tidak semua orang menyukainya. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi para koki bintang lima hingga ibu rumah tangga untuk menghidangkan ikan yang tidak berbau amis serta lezat.

 

Rahasianya terletak pada beberapa teknik cerdas berikut ini. Namun sebelum membahas cara menghilangkan bau amis, ada baiknya Anda memastikan bahwa pisau yang Anda gunakan sudah cukup bagus untuk membersihkan ikan. Bila Anda belum memiliki pisau yang memadai Anda dapat membelinya di toko serba ada terdekat atau satu set pisau lengkap secara online di oxone atau berbagai olshop ternama lainnya yang terjamin mutunya. Berikut beberapa langkah dalam menghilangkan bau amis pada ikan.

  1. Susu

Susu dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis dari ikan dan caranya pun sangat mudah. Rendam ikan atau seafood dengan susu dan tiriskan. Susu akan menyerap bau amis pada ikan atau seafood. Setelah itu siap untuk di masak.

  1. Cuka

Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Cara ini sangat mudah dan sering digunakan. Anda hanya perlu mencampurkan cuka beras dengan air dan rendam ikan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu cuci ikan sampai bersih dan keringkan.

  1. Cuci Ikan hingga bersih

Membersihkan ikan secara tepat juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Buang bagian ikan seperti sirip dan organ dalam seperti membran putih pada rongga abdominal. Pada beberapa jenis ikan seperti ikan gabus dan tuna Anda harus membuang urat putih pada sayap ikan karena bagian ini lah yang menghasilkan bau amis.

  1. Abu Kayu

Cara ini biasa digunakan pada ikan lele dan belut. Usapkan abu kayu pada ikan sampai lendir pada ikan hilang. Lendir ini lah yang menghasilkan bau amis  pada ikan saat di masak. Jika Anda tidak memiliki abu kayu, anda dapat menggunakan air hangat sebagai pengganti. Cipratkan air hangat ke ikan dan gunakan pisau untuk membersihkan lendir.

  1. Lemon

Lemon memiliki manfaat yang sama seperti cuka putih dalam menghilangkan bau amis pada ikan. Usapkan lemon secara langsung atau siramkan air lemon pada ikan. Setelah itu keringkan ikan sebelum di masak.

  1. Garam

Garam sangat cocok digunakan pada ikan lele. Setelah ikan di cuci bersih, gosok ikan dengan garam dan diamkan selama kurang lebih 5 menit kemudian cuci ikan sampai bersih. Selain itu, Anda juga dapat merendam ikan atau udang dengan air garam selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  1. Anggur Putih

Lumuri ikan dengan anggur putih selama kurang lebih 2 menit dan keringkan ikan. Anda juga dapat menambahkan bumbu saat ikan dilumuri dengan Anggur putih

  1. Ginger

Jahe adalah cara tradisional yang paling terasa manfaatnya dalam menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu jahe memiliki rasa yang enak dan manfaat yang baik. Jahe dapat menghilangkan racun penyebab alergi pada ikan. Hancurkan jahe kemudian balut ikan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum ikan siap untuk di masak.

Advertisements

One thought on “8 Tips untuk Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s