Cara Mengurangi Pestisida pada Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan Buah merupakan makanan yang paling banyak terpapar pestisida. Sehingga, mencuci buah dan sayur secara seksama demi menghilangkan kadar pestisida menjadi sangat penting. Namun, tak banyak yang tahu cara menghilangkan pestisida dari buah dan sayur, pada artikel kali ini, kami ingin membagikan berbagai cara dalam mengurangi kandungan pestisida pada sayur dan buah Anda. Bagi Anda yang menginginkan sayur dan buah yang lebih sehat, Anda dapat mengikuti tips berikut ini dan jangan lupa untuk memiliki peralatan dapur berbahan food grade yang aman bagi kesehatan di berbagai toko peralatan dapur terdekat atau secara online di oxone dan berbagai peralatan memasak ternama lainnya.

  • Cuci Sayur dan Buah Anda dengan Bersih

Cuci bersih seluruh buah dan sayur yang Akan anda gunakan. Gunakan air garam untuk membersihkan pestisida yang menempel pada permuakaan buah dan sayur. Sekitar 75-80% residu pestisida dapat hilang hanya dengan dicuci. Namun ada beberapa buah dan sayur yang memiliki lebih banyak residu seperti anggur, apel, jambu batu, plum, manga, peach, pear, tomat, terong dan okra.

  • Rendaman Air dengan Cuka

Rendam buah dan sayuran dengan air yang sudah dicampur dengan sedikit cuka putih kemudian dibilas. Hati-hati dalam membilas buah yang lembek karena dapat merusak kulit buah.

  • Kupas

Rendam sayur dengan air hangat untuk menghilangkan sisa residu yang tertinggal. Selain itu, mengupas juga dapat menghilangkan residu dan sangat disarankan untuk melakukan pengupasan pada buah. Anda juga dapat membuang lemak dan kulit pada ayam karena pada bagian tersebut terdapat residur pestisida.

  • Memasak Produk Hewani

Produk hewani juga dapat terkontaminasi dengan pestisida melalui makanan ternak yang mereka konsumsi. Penggunaan panci presto, wajan penggorengan dan alat pemanggang akan menghilangkan residu pestisida yang terdapat pada jaringan lemak binatang.

  • Produk olahan Susu

Dengan merebus susu pada suhu tinggi akan menghancurkan residu pestisida yang presisten.

  • Minyak Sayur

1. Minyak olahan memiliki residu pestisida yang lebih sedikit

2. Peralatan yang terkena minyak pada suhu tertentu akan menghilangkan residu pestisida.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s