Berbagai Macam Panci dan Kegunaannya

Berapa banyak jenis panci yang Anda miliki di dapur Anda? 3, 2 atau bahkan 1? Ada banyak sekali jenis panci yang dapat Anda gunakan, dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda. Bagi Anda yang sudah memiliki beragam jenis panci mungkin jenis-jenis panci di bawah ini terdengar familiar oleh Anda, namun bagi yang baru memiliki 1 jenis panci, mungkin jenis-jenis panci di artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang beragam jenis panci.

Bila Anda tertarik untuk menambah jenis panci, Anda dapat degan mudah membelinya di pasar atau toko serba ada terdekat atau Anda jugadapat membelinya secara online di berbagai online shop dan salah satu rekomendasi kami adalah panci oxone. Berikut adalah berbagai jenis panci yang patut Anda ketahui:

  • Fry pan

Wajan yang memiliki bagian bawah datar dengan gagang panjang dan dinding rendah untuk memudahkan penumisan. Baik digunakan untuk menumis dan menggoreng. Diameter wajan yang biasa digunakan adalah 8,10, 12 inch. Belilah wajan dengan permukaan anti lengket untuk penggunaan biasa dan untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

  • Saucepan

Panci dengan bagian bawah datar dan dinding cukup tinggi serta dilengkapi dengan gagang panjang. Biasanya panci ini berukuran besar serta terdapat pegangan di kedua sisi. Baik digunakan untuk masakan dengan bahan air. Panci yang sering digunakan berukuran 1-1,2 L, 2-2,3 L, 3L dan 4L.

  • Sauté pan

Wajan berbagian bawah datar lebar dan dinding yang sedikit tinggi dilengkapi dengan gagang yang panjang. Biasanya wajan dengan ukuran besar terdapat pegangan di kedua sisi. Baik digunakan untuk tossing, stirring, sautéing. Sauté pan dengan ukuran 4 L yang serbaguna dengan permukaan biasa, serta tanpa anti lengket dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena dapat menghasilkan masakan yang lebih baik.

  • Multipot

Panci pendek yang menyerupai panci soup namun memiliki bolongan di sekitar panci untuk merebus dan mengkukus. Baik digunakan untuk merebus dan menyaring secara langsung. Ukuran serbaguna adalah 6L, 8L, 12L.

  • Dutch oven

Pot besar dengan dinding yang sedikit tinggi, memiliki pegangan di kedua sisi dan cukup berat. Baik digunakan untuk slow cooking, dan merebus. Ukuran serbaguna adalah 5L, 7L.

  • Roaster

Wajan persegi panjang dengan tatakan besi untuk menghantarkan panas secara merata dengan oven. Baik digunakan untuk memanggang dry heat dengan oven. Pilihlah wajan dengan permukaan anti lengket agar mudah untuk dibersihkan.

  • Griddle

Berbentuk papan dengan permuakaan rata dan anti lengket. Baik digunakan untuk memasak steak, pancake, telur dan bacon. Jika Anda ingin menggunakan alat ini pastikan Anda memilih papan dengan pinggiran yang turun untuk menampung minyak.

  • Grill pan

Wajan berbentuk papan dengan permukaan bergerigi yang berfungsi untuk memberikan hasil yang sama seperti memanggang dengan alat panggang. Baik digunakan untuk high temperature cooking seperti memanggang dan membakar. Pilihlah wajan dengan permukaan wajan besi atau dengan lapisan wajan besi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s