Berbagai Macam Panci dan Kegunaannya

Berapa banyak jenis panci yang Anda miliki di dapur Anda? 3, 2 atau bahkan 1? Ada banyak sekali jenis panci yang dapat Anda gunakan, dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda. Bagi Anda yang sudah memiliki beragam jenis panci mungkin jenis-jenis panci di bawah ini terdengar familiar oleh Anda, namun bagi yang baru memiliki 1 jenis panci, mungkin jenis-jenis panci di artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang beragam jenis panci.

Bila Anda tertarik untuk menambah jenis panci, Anda dapat degan mudah membelinya di pasar atau toko serba ada terdekat atau Anda jugadapat membelinya secara online di berbagai online shop dan salah satu rekomendasi kami adalah panci oxone. Berikut adalah berbagai jenis panci yang patut Anda ketahui:

  • Fry pan

Wajan yang memiliki bagian bawah datar dengan gagang panjang dan dinding rendah untuk memudahkan penumisan. Baik digunakan untuk menumis dan menggoreng. Diameter wajan yang biasa digunakan adalah 8,10, 12 inch. Belilah wajan dengan permukaan anti lengket untuk penggunaan biasa dan untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

  • Saucepan

Panci dengan bagian bawah datar dan dinding cukup tinggi serta dilengkapi dengan gagang panjang. Biasanya panci ini berukuran besar serta terdapat pegangan di kedua sisi. Baik digunakan untuk masakan dengan bahan air. Panci yang sering digunakan berukuran 1-1,2 L, 2-2,3 L, 3L dan 4L.

  • Sauté pan

Wajan berbagian bawah datar lebar dan dinding yang sedikit tinggi dilengkapi dengan gagang yang panjang. Biasanya wajan dengan ukuran besar terdapat pegangan di kedua sisi. Baik digunakan untuk tossing, stirring, sautéing. Sauté pan dengan ukuran 4 L yang serbaguna dengan permukaan biasa, serta tanpa anti lengket dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena dapat menghasilkan masakan yang lebih baik.

  • Multipot

Panci pendek yang menyerupai panci soup namun memiliki bolongan di sekitar panci untuk merebus dan mengkukus. Baik digunakan untuk merebus dan menyaring secara langsung. Ukuran serbaguna adalah 6L, 8L, 12L.

  • Dutch oven

Pot besar dengan dinding yang sedikit tinggi, memiliki pegangan di kedua sisi dan cukup berat. Baik digunakan untuk slow cooking, dan merebus. Ukuran serbaguna adalah 5L, 7L.

  • Roaster

Wajan persegi panjang dengan tatakan besi untuk menghantarkan panas secara merata dengan oven. Baik digunakan untuk memanggang dry heat dengan oven. Pilihlah wajan dengan permukaan anti lengket agar mudah untuk dibersihkan.

  • Griddle

Berbentuk papan dengan permuakaan rata dan anti lengket. Baik digunakan untuk memasak steak, pancake, telur dan bacon. Jika Anda ingin menggunakan alat ini pastikan Anda memilih papan dengan pinggiran yang turun untuk menampung minyak.

  • Grill pan

Wajan berbentuk papan dengan permukaan bergerigi yang berfungsi untuk memberikan hasil yang sama seperti memanggang dengan alat panggang. Baik digunakan untuk high temperature cooking seperti memanggang dan membakar. Pilihlah wajan dengan permukaan wajan besi atau dengan lapisan wajan besi.

Temukan Beragam Jenis Minyak Nabati untuk Memasak Lebih Sehat

Sehat itu mahal! Maka sudahkah Anda hidup lebih sehat? Sudahkah Anda mengganti minyak sayur Anda dengan pilihan minyak lainnya yang lebih sehat untuk tubuh?

Menurut Republika online pada tahun 2015, Penyakit jantung termasuk sebagai 10 penyakit yang banyak menyebabkan kematian di Indonesia. Oleh karena itu, selain pentingnya ubntuk memiliki alat penggorengan yang sehat, menggunakan minyak yang sehat dalam memasak juga penting, karena penggunaan minyak sayur yang banyak di dalam tubuh akan menyebabkan darah tinggi dan jantung.

Bila Anda ingin memiliki penggorengan yang lebih sehat Anda dapat membeli berbagai produk penggorengan yang terbuat dari bahan yang aman, atau Anda dapat membeli produk frying pan oxone yang cukup terjamin kesehatannya. Bila Anda sudah cukup yakin dengan alat penggorengan Anda, maka Anda dapat memastikan bahwa minyak yang Anda gunakan pun sehat bagi tubuh Anda. Berikut adalah beragam jenis minyak yang sangat sehat untuk Anda konsumsi dalam jangka panjang.

  1. Minyak Zaitun

Terbuat dari perasan buah zaitun. Minyak zaitun extra-virgin dibuat dengan temperature tidak melebihi 30 derajat Celsius.

  • Extra-virgin oil – memiliki paduan rasa antara dedaunan, buah, dan pedas. Minyak ini biasanya digunakan untuk salad dressing dan menumis masakan yang ringan.
  • Refined olive oil – memiliki rasa yang lebih netral. Biasanya digunakan untuk memasak makanan yang memerlukan tekanan tinggi dalam menggoreng.
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa biasa nya digunakan oleh vegetarian sebagai pengganti mentega dan produk lain yang menggunakan minyak.

  • Unrefined coconut oil – biasanya memiliki aroma kelapa yang cukup kuat. Biasanya digunakan untuk membuat kue
  • Refined coconut oil – memiliki sedikit rasa manis. Biasanya digunakan untuk memasak yang memerlukan tekanan tinggi tapi tidak cocok digunakan untuk menggoreng
  1. Canola vs. sunflower vs. safflower vs. soybean vs. vegetable oil
  • Vegetable oil – merupakan jenis minyak sayur biasa. Biasanya merupakan kombinasi canola, sunflower, safflower atau soybean oil. Biasanya digunakan sebagai minyak serbaguna seperti menggoreng menumis, dressing, baking.
  • Canola oil – terbuat dari tanaman canola dan titik panas 246,1 derajat
  • Sunflower oil – terbuat dari biji bunga matahari dan titik panas 232,2 derajat
  • Safflower – terbuat dari tanaman safflower dan titik panas 265.5 derajat
  • Soybean oil – termasuk jenis minyak yang sering digunakan dan titik panas 237,7 derajat
  1. Minyak Alpukat

Minayk alpukat merupakan salah satu minyak yang cukup baik bagi tubuh. Jenis virgin minyak alpukat harus disimpan di kulkas karena bisa berbau tengik. Cocok digunakan untuk menumis, dressing, dan menggoreng.

  1. Minyak Kacang

Merupakan salah satu jenis minyak yang sering digunakan untuk menggoreng karena memiliki rasa yang netral sehingga tidak merubah rasa dari masakan dengan titik panas mencapai 232,2 derajat. Cocok digunakan untuk menggoreng, menumis, dressing.

  1. Minyak Wijen

Minyak ini memiliki aroma dan rasa yang cukup tajam dan titik panas sesame oil adalah 232,2 derajat. Minyak wijen mengandung 75% kebutuhan vitamin E harian tubuh. Cocok digunakan untuk dressing, dipping, sweating

  1. Rice bran oil

Minyak ini sangat baik digunakan untuk menggoreng karena membuat masakan tidak terlalu berminyak dengan titik panas 254,4 derajat. Cocok digunakan untuk menggoreng, menumis, dressing, searing.

 

Nah, sudah tahu minyak yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Selamat memasak!

Manfaat Sarapan bagi Tubuh Anda

Sarapan memberikan Anda tenaga melalui glukosa yang terkandung dari sarapan yang Anda makan. Apabila perut Anda kosong selama 12 jam, level glukosa Anda menurun. Kemudian, tubuh akan mengeluarkan glukosa yang terdapat pada lapisan otot dan hati yaitu Glycogen. Apabila glycogen sudah habis digunakan, tubuh akan menggunakan asam lemak untuk menghasilkan energi. Tanpa karbohidrat, asam lemak hanya dapat teroksidasi sebagian sehingga menyebabkan penurunan energi.

 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memulai aktifitas dengan sarapan, bila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan, Anda dapat membeli peralatan sarapan seperti oxone breakfast series yang pasti dapat membantu Anda mendapatkan manfaat dari sarapan tanpa harus membuat Anda terlambat ke kantor. Berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan dari sarapan:

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Selama tidur perut Anda tidak terisi dengan makanan sehingga saat bangun Anda berada pada keadaan lapar. Saat tidak sarapan, perut Anda berada dalam posisi kosong, sedangkan sarapan akan menjaga metabolisme tubuh Anda tetap stabil. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan metabolisme tubuh tetap stabil. Sarapan dapat membantu tubuh Anda dalam melakukan pembakaran lemak.

Memberikan Asupan Nutrisi yang lengkap dan Meningkatkan Energi

Sarapan menyediakan asupan nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat yang cukup bagi tubuh. Kebutuhan energi setiap orang berbeda berdasarkan kegiatan, umur, dan jenis kelamin. Sebagai contoh anak lelaki berumur 7-10 tahun harus mengkonsumsi sekitar 1970 kalori per hari dan anak perempuan sekitar 1740 kalori. Sedangkan untuk orang dewasa lelaki sekitar 2500 kalori dan perempuan sekitar 2000 per hari.

Meningkatkan Konsentrasi

Sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda karena sarapan mengembalikan glukosa pada tubuh. Selain itu sarapan dapat meningkatkan mood dan menekan tingkat stress.

Menghindari Makan Berlebihan

Sarapan yang baik dapat menahan Anda dari rasa lapar, sehingga menghindari Anda dari makan siang atau malam yang berlebihan. Apabila Anda tidak sarapan, Anda akan lebih mudah untuk tergoda makan camilan atau minum kopi sebagai penambah tenaga.

Sarapan yang baik Menjamin Kesehatan Jangka Panjang Anda

Mengkonsumsi sarapan memiliki manfaat jangka panjang yang baik bagi kesehatan yaitu dapat mengurangi obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

10 Menu Sarapan Lezat yang Mudah Dibuat

Sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh serta sebagai asupan penunjang aktifitas kita sepanjang hari. Namun, di tengah aktifitas yang begitu padat, tak banyak dari kita yang melewatkan makan pagi karena keterbatasan waktu. Untuk menyiasati hal ini memang perlu rasanya untuk memutar otak dalam menghemat waktu.

Berbagai cara dapat Anda lakukan seperti membeli peralatan masak yang lebih efisien di berbagai swalayan terdekat atau bila Anda tak mau repot, Anda juga dapat membeli serangkaian peralatan sarapan yang pastinya akan sangat menghemat waktu Anda, seperti professional breakfast series oxone atau eco breakfast series oxone pada toko penyedia alat rumah tangga terdekat maupun secara online.

Selain itu mengetahui berbagai macam menu sehat nan lezat yang dapat Anda sajikan secara sederhana juga dapat menghemat waktu Anda, berikut adalah beberapa menu yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan menu sarapan esok hari.

  1. Apple and Cheddar Tartine

Lapisi roti baguette dengan selai apel, potongan buah apel, dan keju. Kemudian, panggang sedikit bagian permukaannya hingga kecoklatan.

  1. Oatmeal dengan Buah Aprikot dan Kismis

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan, Anda dapat membuat oatmeal pada malam hari yang Anda simpan di kulkas. Kemudian panaskan dengan microwave saatAnda ingin memakannya dan jangan lupa tambahkan potongan buah aprikot serta kismis di atasnya.

  1. Omelet Telur dan Jamur

Ketika Anda memasak omelet, pastikan Anda mengocok telur dengan baik agar omelet yang dibuat terasa lembut saat disantap.

  1. Waffle Selai Kacang dan Pisang

Siapkan waffle lalu olesi dengan selai kacang, serta potongan buah pisang dan lumuri sedikit dengan madu.

  1. Taco isi Telur Orak Arik

Apabila Anda pecinta makanan pedas, Anda dapat menambahkan sedikit jalapeno atau cabai ke dalam kocokan telur sebelum dimasak.

  1. Roti Panggang isi Yogurt dan Salmon

Anda dapat menggunakan roti panggang dan yogurt sebagai pelengkap sarapan Anda dan jangan lupa masukkan potongan salmon pada roti panggang Anda.

  1. Yogurt dengan Buah dan Sereal

Yogurt yang ditambahkan dengan buah dan sereal akan terasa nikmat apabila Anda menyimpannya secara efisien dalam kotak atau botol minum.

  1. Roti Bakar dengan Sirup Raspberry

Roti bakar dengan sirup raspberry adalah sarapan sederhana yang mengenyangkan serta lezat. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit kayu manis sebagai penambah rasa dan sedikit kacang macadamia sebagai pelengkap.

  1. Keju Cottage dengan Buah Nanas

Makanan ini dapat Anda kreasikan sesuai dengan berbagai macam buah sesuai dengan selera Anda

  1. Sandwich Ham isi Telur dan Bayam

Cobalah untuk membuat telur setengah matang sehingga lelehan kuning telur yang keluar saat Anda makan dapat membuat sarapan Anda terasa lebih nikmat.