Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Anda

Tak heran bila kopi dijadikan minuman favorit masyarakat mancanegara, hal ini dikarenakan kopi memiliki aroma yang lezat. Bila Anda salah satu penggemar kopi ada baiknya Anda memiliki coffee maker, yang sekarang Anda dapat beli secara online, seperti contohnya oxone coffee maker ketimbang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli segelas kopi mahal per harinya,  karena ternyata hobi meminum kopi sangat baik bagi kesehatan Anda terutama bila diminum secara rutin dengan kadar yang tepat, yaitu satu gelas per hari. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan kopi bagi kesehatan Anda.

 

Denyut Nadi dan Tekanan Darah

Segelas kopi yang Anda minum secara rutin dapat membuat detak jantung melambat dan menjadi lebih teratur, hal ini dikarenakan oleh peningkanan tekanan darah. Akan tetapi, menurut Dr. Bain meminum lebih dari satu gelas kopi per hari dapat mempercepat detak jantung Anda. Bagi orang dengan level kesehatan yang baik, hal ini tidak menjadi masalah, namun bagi mereka yang memiliki beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau denyut jantung yang kurang normal, disarankan agar tidak meminum lebih dari satu gelas kopi per harinya.

Mata

Segera setelah 20 menit setelah anda mengkonsusmi kopi, kafein akan meningkatkan adrenalin yang dapat menambah energy Anda. Alhasil, pupil mata Anda akan membesar yang pada akhirnya dapat menajamkan penglihatan.

Kesehatan Otak dan Ingatan

Kafein adalah perangsang otak Anda dan 20 menit setelah mengonsumsi kopi Anda akan merasa lebih segar dan konsentrasi bertambah. Studi menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan ingatan selama 24 jam setelah dikonsumsi. Selain itu banyak penelitian yang menunjukkan dengan menkonsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi resiko alzheimer.

Energi

Hindari mengkonsusmi kopi langsung setelah bangun tidur karena hal ini dapat meningkatkan level kortisol. Sehingga saat yang tepat untuk mengonsumsi kopi dipagi hari adalah 1 jam setelah Anda bangun. Kafein dapat meningkatkan produksi panas pada tubuh sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan. Sayang nya setelah kurang lebih 3 jam kemudian, efek dari kafein mulai berkurang. Hal ini karena sebenarnya kopi tidak membuat Anda berenergi namun membuat Anda merasa tidak terlalu lelah. Jadi apabila Anda tidak beristirahat dengan cukup, Anda akan tetap merasa lelah setelah 3 jam.

Hati

Mengonsumsi kopi hitam setiap hari dapat meningkatkan kinerja hati anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang uang mengonsumsi 4 cangkir atau lebih kopi hitam memiliki tingkat cirrhosis 80% lebih rendah dan perkembagan kanker lebih rendah 40%.

Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Pastikan kopi yang Anda konsumsi tidak mengandung krimer , susu, an gula. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 cangkir kopi hitam setiap hari dapat menurunkan resiko diabetes sebanyak 7%. Apabila Anda mengonsumsi 2 cangkir kopi hitam setiap hari pada pagi hari, Anda dapat mengurangi resiko diabetes sebanyak 28% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi hitam.

Mengurangi Resiko Terserang Parkinson

Parkinson berhubungan dengan kurangnya zat dopamine. Kafein dapat meningkatkan zat dopamine pada otak. Sehingga dengan mengonsumsi kopi hitam dapat menghindari Anda dari parkinson. Orang yang mengonsumsi kopi secara teratur memiliki tingkat resiko 32-60% lebih rendah terhadap penyakit ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s