Manfaat Kipas Angin Bagi Kesehatan

Terdapat banyak persepsi yang salah mengenai penggunaan kipas elektrik/angin.  Sebagian orang berpendapat bahwa kipas elektrik kurang menyehatkan. Padahal kipas elektrik sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi tak perlu ragu untuk memiliki kipas angin sebagai penyejuk ruangan Anda. Terdapat banyak merk kipas elektrik yang dapat Anda jadikan panduan dalam membeli, salah satu rekomendasi kami adalah oxone electric fans. Namun, sebelum membeli ada baiknya Anda mengetahui manfaat apa yang dapat Anda peroleh dari kipas angina atau Electric fans.

Kipas Angin dapat Mengusir Panas Tubuh

Electric fans/kipas angin dapat Anda pergunakan untuk mengurangi hawa panas dan menjaga tubuh Anda tetap sejuk. Bagi kebanyakan orang, manfaat ini tidak cukup penting, namun hawa panas sebenarnya dapat menimbulkan masalah bagi tubuh Anda seperti:

  • Mudah Marah

Hawa panas dapat membuat zat kimia dalam otak Anda menjadi tidak seimbang sehingga dapat mempengaruhi Anda dalam membuat keputusan dan cepat marah.

  • Cepat Lelah

Hawa panas dapat memperlambat system syaraf pusat terutama bagi Anda yang bekerja dalam ruangan. Panas dapat membuat Anda lesu dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

  • Ruam Kemerahan

Keringat yang berlebihan dapat membuat kulit Anda kemerahan dan iritasi.

  • Hypertemia

Hypertemia adalah keadaan dimana tubuh terlalu panas sehingga dapat mengakibatkan keram dan kejang karena tubuh kekurangan air dan sodium.

  • Dehidrasi

Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh Anda mengidap dehidrasi yang memicu ginjal untuk menyimpan racun lebih banyak.

  • Tekanan Darah Tinggi

Hawa panas membuat kinerja jantung meningkat demi mengatur tekanan darah. Lalu permasalahan tekanan darah dapat memicu struk.

Kipas Angin dapat Mengusir Serangga dari Ruangan

Hampir seluruh patogen terbang di udara seperti lalat dan nyamuk. Penggunaan kipas dapat melindungi makanan Anda dari patogen tersebut, sehingga Anda terbebas dari wabah penyakit diare.

Mengurangi Resiko SIDS pada Bayi

Berdasarkan penelitian, penggunaan kipas elektrik pada bayi yang baru lahir mengurangi Sudden Infant Death Syndrom. Selain kipas dapat mengurangi hawa panas, kipas berfungsi untuk menghindari bayi dari kemungkinan untuk menghirup kembali karbon dioksida yang mereka keluarkan. Karbon dioksida inilah yang dapat menyebabkan SIDS.

Mengularkan Suara yang Membuat Anda Nyaman dan Cepat Tidur

Apabila anda memiliki masalah tidur atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder, suara lembut yang dikeluarkan kipas dapat membantu Anda. Selain itu, kipas elektrik dapat meredam suara-suara yang dapat menganggu tidur Anda.

Selain itu, terdapat beberapa kelebihan penggunaan kipas elektrik selain yang telah disebutkan, seperti:

  • Kipas elektrik menggunakan listrik yang lebih sedikit disbanding AC
  • Kipas elektrik dapat menjaga sirkulasi udara ruangan
  • Kipas elektrik yang portable memberikan Anda kemudahan dalam penggunaan
  • Selain itu, kipas elektrik dapat digunakan sebagai penghias ruangan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s