Cara Memilih Peralatan Masak Yang Tepat

Memasak adalah hal yang menyenangkan apabila Anda memiliki alat-alat yang tepat. Bagi sebagian orang memilih peralatan masak yang tepat terkadang susah-susah, gampang. Oleh karenanya, bagi kita yang ingin mengetahui cara memilih yang tepat dapat menilik pada hal-hal berikut:

Langkah 1: Alat Perkakas

Pastikan terlebih dahulu apakah Anda akan membeli satu set perkakas dapur atau membelinya satu per satu secara terpisah.

  • Harga satu set utensil biasanya lebih murah dibanding membeli perlengkapan secara satuan. Utensils set biasa nya terdiri atas perlengkapan dasar. Biasanya seluruh alat nya sudah sesuai dengan kebutuhan.
  • Dengan membeli perkakas secara satuan Anda dapat memiliki kemudahan untuk menjaga kualitas perkakas Anda. Selain itu Anda juga dapat memilih peralatan yang terbaik. Terdapat berbagai macam merk yang dapat Anda gunakan sebagai acuan, salah satu rekomendasi kami adalah oxone fry pans.

Langkah 2: Jenis Alat Perkakas

Pilihlah perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak sekali ragam dan jenis peralatan memasak. Namun, pastikan Anda tidak membeli produk dengan kegunaan yang sama dengan model yang berbeda.

  • Beberapa macam sendok yang perlu Anda miliki, adalah sendok pengaduk, sendok penyaring dan sendok sayur. Sendok dan garpu dengan gagang panjang juga dapat menjadi pilihan yang baik. Selain itu Anda juga memerlukan sepasang alat penjepit.
  • Anda harus memiliki sutil atau penggorengan. Tentukan berapa jenis dan ukuran yang Anda perlukan. Selain itu juga terdapat dua jenis spatula yang perlu Anda perhatikan yaitu sutil berbahan plastik dan berbahan stainless steel
  • Anda juga akan membutuhkan pengocok/whisk, pemotong pizza/roti, pembuka kaleng, alat pengupas, parutan, gelas pengukur dan sendok takaran.
  • Selain itu, Anda juga mungkin memerlukan alat penghancur dan zester. Oleh karena terdapat berbagai macam jenisnya, pastikan Anda membeli yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 3: Bahan Perkakas Dapur

Pilihlah peralatan yang berbahan kayu, stainless steel, aluminium, plastik dan Teflon. Selain itu pastikan peralatan yang Anda beli dan miliki sesuai dengan wajan, panci dan peralatan lain. Jangan sampai peralatan yang baru Anda beli ternyata tidak sesuai dan dapat merusak alat-alat Anda yang lain.

Langkah 4: Kualitas Perkakas Dapur

Belilah peralatan yang berkualitas baik dan sesuai dengan harganya. Jangan membeli yang terlalu murah tapi cepat rusak. Lalu, perhatikan peralatan yang Anda beli, pastikan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Langkah 5

Tepat Penyimpanan Perkakas Dapur

Siapkan tempat yang sesuai untuk menyimpan peralatan Anda. Pilihlah tempat yang mudah dicari dan diraih saat Anda membutuhkan peralatan tersebut.

Berikut Macam-Macam jenis Perkakas Dapur yang mungkin Anda butuhkan:

  1. Panci Sup Stainless steel

Clay pot biasanya memiliki bentuk yang cukup besar untuk membuat sup. Alat ini merupakan alat yang sehat dan sup yang Anda buat tidak akan mengeluarkan rasa dan bau  yang aneh. Alat ini memiliki bentuk yang halus namun mudah retak dan hancur. Clay pot sangat sesuai untuk memasak makan dengan cuka sebagai bahan utamanya. Karena cuka dan metal dapat mengeluarkan reaksi kimia yang tidak baik untuk tubuh Anda. Anda dapat menggunakan high quality stainless steel pot untuk masakan Anda. Pilihlan pot dengan aluminium-plated pada bagian bawah karena dapat menghantarkan panas secara baik. Selain itu, Anda dapat meletakkan pot ini ke dalam air dingin atau taruh di kulkas setelah memasak untuk mendinginkan masakan Anda.

  1. Kuali atau Wajan

Gunakan Kuali atau wajan yang berbahan ceramic agar dapat mengeluarkan hawa panas dengan cepat, sehingga membuatnya sangat tepat untuk dry heat, fast cooking dan steaming namun tidak sesuai untuk moist heat cooking karena dapat membuat masakan memiliki rasa metallic.

  1. Stewing pot/dutch oven

Anda membutuhkan  stainless steel pot atau dutch oven dengan kualitas yang bagus untuk memasak/merebus daging. Pilihlah pot yang dapat mengeluarkan panas secara merata dengan bagian bawah panci yang tidak mudah terbakar/gosong.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s