Berbagai Macam Jenis dan Tipe Oven

Belum lengkap rasanya dapur Anda, apabila belum memiliki oven sebagai alat bantu memasak Anda. Saat ini terdapat berbagai macam jenis dan type oven, oleh karenanya, memilih jenis dan type yang tepat dengan kebutuhan Anda sangatlah penting, agar fungsi yang Anda dapatkan dapat lebih optimal. Maka pada artikel kali ini kami ingin membahas berbagai macam jenis dan tipe oven. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki oven sebagai pelengkap dapur, Anda dapat membelinya di toko peralatan rumah tangga terdekat atau secara online di berbagai online shop, salah satunya di web peralatan rumah tangga oxone.

  1. Oven yang Membersihkan secara Otomatis

Terdapat dua tipe untuk jenis oven seperti ini

  • Pyrolytic

Oven akan terkunci secara otomatis dan memanaskan sampai suhu 500°C dan merubah sisa-sisa makanan menjadi debu. Anda hanya perlu membersihkan debu setelah oven mendingin.

  • Catalytic liners

Terdapat lapisan besi yang menempel pada oven dan biasanya menyerap percikan lemak. Anda harus secara rutin memanaskan oven dengan suhu 250°C selama 1 jam untuk membakar percikan tersebut, setelah itu bersihkan lapisan besi dengan kain saat oven sudah mendingin. Sebaiknya Anda membersihkannya secara rutin.

  1. Toaster ovens/Oven Pemanggang Roti

Toaster oven dan benchtop oven merupakan oven yang memiliki fitur lengkap. Anda dapat menggunakan alat tersebut untuk membuat kue, memanggang dan bahkan beberapa terdapat hotplate di permuakaan atas oven. Jenis oven seperti ini lebih hemat dan tidak memakan banyak tenaga. Misalnya, Anda dapat menggunakan oven toaster untuk berbagai hal karena oven toaster cocok digunakan untuk masakan yang cukup sedikit seperti roti panggang keju. Selain itu kelebihan oven toaster ialah tidak memakan banyak tempat.

  1. Steam ovens/oven uap

Steam oven menghasilkan makanan yang lebih sehat dairpada oven biasa karena nutrisi yang hilang lebih sedikit. Akan tetapi alat ini tidak multiguna dan tidak membuat masakan menjadi coklat, sehingga Anda harus memanggang terlebih dahulu untuk  mendapatkan hasil kecoklatan sebelum menggunakan alat ini.

      4. Combination steam dan Oven Konveksi

Oven ini merupakan jenis oven yang menggabungkan 2 metode memasak, antara mengukus dan oven biasa. Combination steam oven biasanya dapat digunakan untuk membuat kue atau masakan lain dengan cara di kukus. Selain oven jenis ini, Anda dapat menggunakan oven jenis lain dengan fungsi yang mirip dengan harga yang lebih murah. Seperti contohnya, Anda dapat menggunakan oven electric yang dilengkapi dengan fungsi moisture/melembabkan. Sehingga Oven ini akan mempertahankan kelembapan tekstur kue selagi digunakan.

  1. Light ovens/ Microwave oven

Oven biasa yang dapat digunakan untuk memanggang ataupun sebagai microwave oven yang dilengkapi dengan lampu halogen. Fungsi dari lampu ini yaitu untuk membuat masakan menjadi kecoklatan dan mengeluarkan hawa panas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s