Langkah-Langkah Membuat Kue yang Lebih Sehat

Apabila Anda mengganti bahan – bahan kue biasa dengan bahan – bahan yang lebih sehat, rasa dan tekstur kue memang akan terasa berbeda. Namun lama kelamaan Anda akan terbiasa. Lagipula dalam jangka panjang manfaat kesehatan yang Anda dapatkan akan lebih besar. Bila Anda tertarik untuk membuat kue yang lebih sehat maka pastikan Anda menggunakan peralatan memasak dengan material yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti misalnya Anda dapat menggunakan Microwave mug cake ketimbang cetakan kue berbahan plastikketika memanggang kue pada oven. Anda dapat  menemukan microwave mug cake pada toko peralatn masak terdekat atau pada online shop yang menjual peralatan memasak, yaitu salah satunya adalah microwave mug cake oxone. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa bahan masakan yang Anda gunakan sehat bagi tubuh Anda, sehingga membuat kue bukan hanya sekedar enak di lidah namun juga sehat di tubuh. Oleh karenanya, Anda dapat mengikuti beberapa tips pada artikel ini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

  • Pilihlah Topping Kue Secara Bijaksana

Buatlah kue yang tidak terlalu empuk, sehingga Anda bisa menambahkan isi pada kue Anda seperti buah, kacang – kacangan, oats, atau choco chips untuk memberikan rasa yang Anda inginkan.

  • Ganti Mentega atau Minyak dengan Saus Apple

Mentega digunakan untuk memberikan rasa dan melembutkan kue namun memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan saus Apple/applesauce sebagai campuran mentega.

  • Kurangi Asupan Gula

Jika Anda menggunakan applesauce sebagai pengganti atau substitusi mentega, Anda dapat mengurangi penggunaan gula. Karena applesauce akan memberikan rasa manis. Selain itu, perlu juga diingat untuk tidak menggunakan applesauce terlalu banyak karena dapat membuat adonan cair. Namun, apabila Anda ingin menggunakan applesauce cukup banyak, Anda harus mengurangi penggunaan bahan cair lainnya seperti susu atau jus.

  • Ganti Telur dengan Ground Flax

Untuk mengurangi kadar lemak, Anda dapat menggunakan flaxseed sebagai pengganti telur. Flaxseed sangat baik untuk tubuh karena flaxseed tidak bekerja seperti telur dalam pembuatan kue. Flaxseed dapat merekatkan adonan kue tapi tidak dapat membuat kue lembut dan mengembang seperti saat Anda menggunakan telur.

  • Gunakan Lemak Tak Jenuh Daripada Mentega.

Hal ini selain akan mengurangi jumlah lemak jenuh pada kue Anda, hal ini juga dapat memberikan tekstur ringan pada kue. Selama spread yang Anda pilih sesuai untuk membuat kue, Anda dapat menggunakan spread tersebut pada hampir seluruh jenis kue.

  • Gunakan Tepung Gandum Utuh Daripada Tepung Biasa

Meskipun tepung gandum utuh memberikan tekstur yang lebih padat pada kue, tapi tepung ini memiliki manfaat yang lebih baik bagi tubuh Anda. Tepung gandum utuh dapat membuat kue Anda lebih padat karena menanggung banyak serat.

  • Anda Dapat Menggunakan Buah Dan Sayuran Untuk Kue Ada.

Selain menambah serat dan memberikan rasa manis, buah dan sayur dapat membuat kue Anda tetap lembab. Sayuran yang manis seperti wortel dan umbi merah atau buah seperti apel dan berries dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan gula.

  • Gunakan glace icing daripada butter icings sebagai penghias.

Kurangi Lemak Pada Kue Anda

Pemilihan jenis pastry yang tepat dapat memberikan perbedaan jumlah lemak pada kue anda. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi kandungan lemak pada pastry Anda

  • Gunakan Mentega sayuran daripada mentega biasa karena dapat mengurangi jumlah lemak jenuh pada kue Anda
  • Atur posisi pastry pada permukaan kue seperti menyilang daripada menutup seluruh permukaan kue dengan pastry. Cara ini dapat mengurangi jumlah kalori pada kue Anda.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s