Cara Merawat Rice Cooker

Rice cooker merupakan salah satu peralatan dapur yang penting dan pasti dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan rice cooker dapat memasak nasi dengan cepat dan mudah, selain itu Anda juga dapat memasak berbagai jenis masakan lain dengan menggunakan rice cooker. Apabila Anda tertarik untuk membeli rice cooker, Anda dapat membelinya dengan mudah di berbagai swalayan terdekat atau secara online di berbagai online shop, salah satunya oxone rice cooker.  Apabila Anda telah memiliki rice cooker elektrik tapi tidak tahu bagaimana cara untuk menggunakannya dengan baik dan benar, Anda dapat menggambil tips – tips dari artikel ini.

Pada umumnya, Rice cooker dapat dengan mudah dibersihkan hanya dengan alat pembersih biasa, namun untuk memaksimalkan kelebihan rice cooker, Anda harus mengetahui tips keamanan dan cara menjaga peralatan dapur.

Tips perawatan dan penggunaan rice cooker:

 

  1. Baca Petunjuk Penggunaan

Sebelum Anda menggunakan rice cooker elektrik pastikan Anda membaca buku petunjuk untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengoperasikan rice cooker Anda dengan benar. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari kesalahan dalam pengoperasian.

  1. Hindari Menyentuh Bagian Atas Rice Cooker saat Rice Cooker Bekerja

Jangan menyentuh permukaan rice cooker yang panas saat sedang digunakan dengan tangan kosong karena dapat membuat tangan Anda terluka bahkan terbakar. Apabila Anda harus menyentuh rice cooker saat sedang digunakan, pastikan anda menggunakan sarung tangan atau pengaman untuk tangan Anda.

  1. Letakkan Rice Cooker pada Tempat yang Tepat

Pastikan Anda selalu meletakkan rice cooker pada meja atau permukaan yang rata jadi rice cooker tidak akan terjatuh saat sedang digunakan.

  1. Jangan Pernah Membenamkan Rice Cooker Ke Dalam Air

Jangan pernah membenamkan rice cooker elektrik ke dalam air karena bisa mengakibatkan kerusakan komponen internal dan membuat rice cooker rusak.

  1. Jangan Mengisi Rice Cooker Melebihi Batas Maksimal

Pastikan Anda selalu mengisi di bawah atau pas di batas garis maksimum untuk menghindari pengeluapan air saat rice cooker sedang digunakan.

  1. Jangan Nyalakan Rice Cooker dalam Keadaan Kosong

Jangan mencolok atau mengaktifkan rice cooker apabila tidak sedang digunakan karena bisa menimbulkan konslet dan kebakaran. jangan menggunakan rice cooker apabila keadaan kabelnya tidak baik karena bisa membuat konslet.

  1. Cabut Colokan Rice Cooker Apabila tidak Digunakan

Cabut selalu colokan rice cooker saat tidak sedang digunakan untuk menghindari konslet. Terlebih saat Anda ingin membersihkan rice cooker, Anda harus mencabut colokan terlebih dahulu baru boleh dibersihkan.

  1. Jauhkan Tangan dan Muka Anda saat Membuka Rice Cooker

Hindari tangan dan muka anda dari rice cooker saat ingin membuka rice cooker setelah memasak, karena rice cooker akan mengeluarkan uap panas.

  1. Diamkan Rice Cooker sebelum Dibersihkan

Diamkan rice cooker sampai mendingin sebelum dibersihkan. Diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam.

  1. Gunakan Sabun dan Air Hangat untuk Membersihkan Rice Cooker

Anda juga dapat menggunakan dishwasher untuk membersihkan bagian dalam atau cooking pot/periuk rice cooker. Kelemahan nya sabun yang digunakan untuk dishwashing bisa melunturkan warna bagian luar cooking pot. Keringkan cooking pot sebelum di masukkan kembali ke rice cooker.

  1. Hindari Penggunaan Spons Berbahan Besi

Hindari penggunaan sabut cuci berbahan besi pada cooking pot berbahan anti lengket. Karena bisa merusak lapisan cooking pot. Lapisan cooking pot yang terkelupas tidak baik digunakan.

  1. Keringkan Bagian Luar Rice Cooker

Selalu gunakan kain lembab untuk membersihkan bagian luar rice cooker. Jangan rendam rice cooker dengan air karena air bisa masuk ke dalam rice cooker dan merusak mesin rice cooker.

  1. Bersihkan Piring Pemanas Rice Cooker setelah Digunakan

Bersihkan piring pemanas setelah rice cooker selesai digunakan karena rempah – rempah makanan bisa tertinggal dan dapat mengganggu proses memasak.

  1. Hindari Menggunakan Rice Cooker dengan Tutup yang Retak

Jangan menggunakan rice cooker apabila tutup nya retak terutama memiliki lapisan kaca. Suhu panas di dalam rice cooker bisa meledak suatu saat.

  1. Bersihkan Nasi yang Menempel

Bersihkan nasi yang menempel pada rice cooker setiap kali selesai penggunaan. Apabila tidak dibersihkan, lama kelamaan nasi akan menempel dan susah untuk dibersihkan. Gunakan sendok atau garpu secara perlahan dan pastikan jangan sampai merusak lapisan cooking pot.

  1. Bersihkan Rice Cooker dari Jamur

Selalu bersihkan rice cooker setelah selesai digunakan meskipun rice cooker tidak terlihat kotor. Karena rice cooker mengeluarkan hawa lembab saat digunakan karena apabila permukaan cooking pot tidak dibersihkan bisa berjamur.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s