Langkah Mudah Membersihkan Teko Elektrik

Teko elektrik merupakan salah satu alat rumah tangga yang populer saat ini. Bentuknya yang simple dan mudah digunakan menjadi nilai plus bagi alat ini. Selain itu, penggunaan teko elektrik dirasa lebih efisien dibandingkan merebus air dengan menggunakan teko biasa maupun menggunakan kompor. Namun sangat disayangkan karena pada umumnya teko elektrik jarang mendapatkan perhatian dalam perawatannya terlebih lagi cara pembersihannya.

Padahal sangatlah penting untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang satu ini karena kita butuh mengonsumsi air secara rutin. Selain itu, seringkali kita temukan noda seperti kerak putih dan endapan mineral pada peralatan Anda. Kotoran seperti ini dapat membuat kinerja perlatan tersebut menurun dan bahkan dapat membuat peralatan tersebut menjadi cepat rusak. Hal ini terutama berlaku untuk peralatan yang digunakan setiap hari seperti teko elektrik. Pastinya anda tidak ingin minuman atau makanan anda terdapat noda karena air yang digunakan dapat terkena kotoran dari teko elektrik.

Sebenarnya cara untuk membersihkan teko elektrik sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bila Anda tertarik untuk memiliki teko elektrik, maka Anda dapat membelinya di toko peralatan rumah tangga terdekat atau secara online di berbagai online shop, seperti Oxone.

Berikut adalah beberapa langkah membersihkan Teko listrik:

Metode Pembersihan dengan Asam Cuka

Isi setengah teko elektrik dengan air biasa dan didihkan air tersebut. Setelah air mendidih, matikan teko elektrik kemudian masukkan 1 ā€“ 2 sendok makan citric acid/asam cuka ke dalam air. Campurkan air dan citric acid kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit di dalam teko elektrik lalu buang campuran tersebut.

Setelah membersihkan teko elektrik dengan cairan, Anda dapat menggosoknya dengan spons busa untuk membersihkan noda yang membandel. Jangan lupa untuk selalu menggunakan spons busa yang lembut. Gosok bagian dalam teko elektrik dengan lembut kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga dapat membersihkan bagian luar teko elektrik dengan spons busa apabila dibutuhkan. Jangan lupa untuk membersihkan saringan pada teko anda secara rutin apabila teko elektrik anda memiliki saringan. Anda dapat menggunakan cuka putih untuk membersihkan saringan tersebut kemudian gosok dengan spons busa. Setelah teko elektrik bersih, rebus air biasa dengan teko elektrik untuk membersihkan sisa ā€“ sisa air pembersih agar teko elektrik tidak berbau dan berasa saat akan digunakan nantinya.

Tips Tambahan:

  • Hindari meninggalkan sisa air pada teko elektrik. Hal ini akan membuat endapan mineral menempel. Biasakan untuk membuang sisa air yang tidak terpakai pada teko elektrik dan rebus air secukupnya untuk menghindari pemborosan air.
  • Jangan rendam teko elektrik ke dalam air karena dapat merusak elemen panas pada teko.
  • Bersihkan bagian luar teko elektrik minimal seminggu 1 kali agar teko elektrik tetap terlihat berkilau seperti baru
  • Bersihkan kerak pada bagian dalam teko elektrik setiap beberapa bulan
  • Cobalah menggunakan air sulingan untuk membersihkan endapan mineral

Selain digunakan untuk menyeduh teh, anda dapat menggunakan teko elektrik untuk merebus air untuk oatmeal, instant mashed potato, instant soup, susu coklat dan lainnya yang membutuhkan air rebusan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s