Berbagai Teknik Membuat Bubur

Hai Mom, memasak bubur mungkin adalah hal yang biasa bagi kebanyakan ibu rumah tangga, namun tak semua ibu rumah tangga dapat menyajikan bubur dengan tekstur yang tepat. Terdapat berbagai cara untuk membuat bubur dengan tekstur yang baik, yaitu dengan menggunakan kompor, penanak nasi, serta panci presto. Bila Anda belum memiliki tiga peralatan di atas, Anda dapat membelinya di swalayan terdekat atau secara online dengan merek rekomendasi kami, oxone.

  1. Membuat Bubur menggunakan Kompor

Anda dapat menggunakan nasi sisa semalam untuk membuat bubur sebagai sarapan pagi, jadi tidak perlu menggunakan beras baru. Selain menghemat, Anda juga tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk memasak. Memang bubur yang menggunakan nasi sisa memiliki rasa yang kurang fresh, namun dengan sedikit bumbu, bubur Anda akan terasa enak. Apalagi bila Anda menambahkan perasa ayam sebagai penyedap bubur. Selain itu, nasi sisa yang dijadikan bubur lebih sehat ketimbang Anda menggoreng nasi tersebut. Berikut cara membuat bubur menggunakan nasi sisa semalam.

  • Tempatkan nasi dan air dalam panci besar.
  • Tekan atau hancurkan nasi yang menggumpal kemudian rebus nasi dan air tersebut sampai mendidih dan kecilkan api.
  • Rebus sampai nasi berubah menjadi bubur sesuai dengan ke inginan Anda menggunakan api sedang.
  1. Membuat Bubur menggunakan Rice cooker

Ada cara lain untuk membuat bubur selain menggunakan kompor. Anda dapat menggunakan rice cooker untuk membuat bubur dan cara nya sangat mudah.

  • Cuci sampai bersih beras yang akan Anda gunakan. Masukkan air dan beras yang sudah bersih ke dalam rice cooker dengan takaran yang Anda inginkan. Tutup rice cooker dan tekan tombol masak.
  • Setelah 45 menit sampai 1 jam, periksalah masakan Anda apakah beras sudah menjadi bubur dengan tingkat konsistensi sesuai dengan yang Anda inginkan. Pastikan Anda menggunakan takaran beras dan air yang pas. Karena apabila Anda menggunakan air terlalu banyak, air dapat meluap dan dapat merusak rice cooker Anda. Sedangkan air yang terlalu sedikit, akan membuat beras menjadi nasi. Cara untuk mencegah air yang digunakan berlebihan adalah dengan menggunakan air tidak terlalu banyak di awal.
  • Kemudian tambahkan air panas saat bubur sudah hampir jadi dan aduk sampai rata. Selain itu, penutup rice cooker juga dapat Anda buka dalam pembuatan bubur. Penutup rice cooker tidak harus tertutup. Hal ini dilakukan agar sirkulasi uap lebih lancar.
  1. Membuat Bubur menggunakan Panci Presto

Cara memasak bubur mengguanakan pressure cooker tidak jauh berbeda dengan cara-cara di atas, yaitu dengan mencampurkan air dan beras  bersamaan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur biasa adalah sekitar 15 – 20 menit. Secara keseluruhan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk pemanasan, pendinginan dan penurunan suhu secara manual. Pastikan Anda tidak mengisi pressure cooker lebih dari setengah karena ada kemungkinan buih dapat menyumbat katup pressure cooker.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s