10 Langkah Diet Sehat dan Aman

Memiliki tubuh ramping adalah idaman bagi banyak kaum hawa, tak heran bila banyak dari mereka yang melakukan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh impian mereka dan mengesampingkan kesehatan itu sendiri, padahal diet yang baik adalah diet yang sehat. Bila Anda salah satu orang yang sedang berusaha berdiet, kami harap Anda memperhatikan pola diet, karena pola diet yang sehat akan jauh lebih menguntungkan Anda. Namun, sebelum Anda memulai berdiet kami sarankan Anda untuk memiliki body scale Oxone, sehingga Anda dapat dengan mudah mengecek perkembangan berat badan Anda. . Berikut adalah beberapa langkah diet sehat yang dapat Anda pelajari dan terapkan:

  1. Minum Teh Hijau

Penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau dapat membakar 20 kalori per harinya. Hal ini berarti bahwa Anda dapat membakar 7.3 pound lemak per tahun. Ampuh sekali kan? Maka tak heran teh hijau menjadi pilihan tersendiri bagi mereka yang ingin berdiet. Selain itu the hijau juga mengandung senyawa yang dapat mengingkatkan kadar antioxidants dalam tubuh, sehingga menyehatkan bagi tubuh.

  1. Hindari Minuman Berkalori Tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh tidak menyerap kalori cair sebaik menyerap kalori dari makanan. Misalnya, mengkonsumsi kopi mocca tidak akan membuat anda kenyang seperti makan pasta. Meskipun kopi mocca memiliki jumlah kalori yang lebih banyak dari pasta, Anda tetap dapat minum 2 gelas kopi mocca tanpa merasa kenyang. Jadi awasi asupan soda, kafein, dan alcohol. Jika Anda mengkonsumsi salah satu dari minuman tersebut  pada siang hari, maka Anda sudah memenuhi kebutuhan 800 kalori pada malam hari, namun Anda tetap akan merasa lapar. Selain itu, alcohol dapat menekan metabolism lemak , sehingga lebih sulit bagi tubuh untuk membakar kalori.

  1. Kurangi Asupan Garam

Sodium mempengaruhi penyerapan air yang dapat membuat Anda merasa kembung. Apakah Anda mengkonsumsi garam terlalu banyak? asupan garam harian tidak boleh lebih dari 2400 mg (atau sekitar satu sendok teh), namun rata-rata orang mengkonsumsi 2 kali lipat dari takaran yang disarankan. Jadi awasi asupan sodium Anda seperti misalnya pada bahan untuk sup, makanan ringan, serta makanan siap saji.

  1. Makan Masakan Pedas

Penelitian menunjukkan bahwa cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Karena cabai dapat mengeluarkan hormone stress dari tubuh Anda, seperti adrenalin yang dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda untuk membakar kalori. Terlebih lagi, mengonsumsi cabai dapat mengurangi nafsu makan Anda. Jadi tambahkan sedikit cabai pada makanan Anda.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat membuat gemuk! Kaum wanita yang tidur kurang dari empat jam per hari memiliki metabolisme yang lebih lambat dari yang memiliki jam tidur delapan jam per hari. Jadi, pastikan tidur Anda tercukupi sehingga metabolism tubuh Anda dapat berjalan dengan baik.

  1. Jogging

Berolah raga secara rutin setiap harinya baik untuk tubuh Anda, tertama berolahraga pada malam hari, karena metabolism melambat pada malam hari. Oleh karenanya, melakukan olahraga 30 menit sebelum makan malam dapat meningkatkan metabolisme tubuh bahkan setelah Anda berhenti bergerak.

  1. Jangan Lewatkan Jam Makan Utama

Melewatkan makan tidak akan membantu menurunkan berat badan Anda lebih cepat. Justru hal ini tidak baik untuk tubuh Anda karena hal ini dapat memperlambat metabolisme. Oleh karena itu usahakan agar Anda tidak melewati jam makan. Apabila di sela-sela kegiatan Anda merasa lapar, Anda dapat mengkonsumsi energy bar atau buah-buahan.

  1. Sisihkan Waktu Anda Minimal 20 menit/hari untuk Berolahraga

Apakah anda melakukan olah raga di sela-sela diet Anda? Apabila tidak, Anda dapat mencoba beberapa hal ini untuk pembakaran lemak. Misalnya, ketimbang menggunakan escalator, Anda dapat jalan kaki ke halte bus, atau sekedar melakukan window shopping, sambil membawa binatang peliharaan Anda jalan-jalan. Anda tidak perlu melakukan jogging lagi karena dengan melakukan kegiatan tersebut selama 20 menit per hari Anda dapat membakar sekitar 700 kalori.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air sebanyak 1,8 liter per hari adalah cara termudah untuk menurunkan berat badan Anda. Tubuh Anda membutuhkan air untuk metabolisme penguraian lemak. Ketika asupan air anda tidak cukup, proses metabolisme tubuh Anda akan menurun. Karena itu, pastikan asupan air harian Anda tercukupi.

  1. Lebih Baik diet alami

Banyak obat maupun cairan yang menawarkan untuk menurunkan berat badan Anda secara instan. Namun, hal ini bukan merupakan jaminan karena produk-produk tersebut belum tentu dapat bekerja secara baik di tubuh Anda. Lebih baik Anda mencoba hal-hal lain yang lebih aman bagi tubuh Anda ketimbang mengonsumsi obat-obatan yang pastinya memiliki efek samping bagi tubuh Anda.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s