Metode Baru Dalam Menghitung Berat Badan Ideal Anda

Banyak dari kita yang begitu menginginkan untuk memiliki berat badan ideal. Tidak heran, karena selain berat badan ideal menunjukan kesehatan yang baik, berat badan ideal pun membuat kita merasa lebih percaya diri. Bila Anda ingin menghitung berat badan ideal, maka ada baiknya Anda menyimak artikel berikut ini, dan bila Anda telah menemukan berat ideal Anda ada baiknya Anda tetap menjaganya dengan menggunakan Oxone body scale.

Saat ini, metode yang paling banyak digunakan untuk mengukur berat badan ideal adalah Body Mass Index (BMI), yaitu pengukuran dengan menggunakan berat badan dan tinggi badan Anda. Apakah Anda melihat keanehan maupun kesalahan dalam perhitungan tradisional BMI yang biasa digunakan hampir di seluruh metode diet? BMI tidak mempertimbangkan presentase lemak tubuh anda. Nyatanya, Ancel Keys yang mempopulerkan BMI pada tahun 1972 dengan tegas menyatakan bahwa BMI digunakan untuk penghitungan secara kelompok bukan untuk individu. Dengan menggunakan BMI, hampir seluruh pemain NFL football masuk dalam golongan obesitas, meskipun hampir semua memiliki presentase lemak tubuh yang rendah, padahal Anda tidak bisa langsung dinyatakan obesitas hanya karena index BMI, namun harus mempertimbangkan kadar lemak tubuh.

Formula Perhitungan Tubuh Ideal

Ternyata terdapat cara yang lebih baik untuk menghitung berat badan ideal Anda, yaitu dengan menggunakan perhitungan yang memasukan presentase lemak tubuh Anda. Caranya sebagai berikut:

Lean Body Mass (LBM) atau Masa Tubuh Tanpa Lemak/(1 –Percentase lemak tubuh)

Dimana Lean Body Mass (LBM) = tinggi badan anda – ( tinggi badan anda x percentase lemak tubuh anda).

Pastikan LBM anda merupakan fat free mass, yaitu segala sesuatu di tubuh Anda yang bukan merupakan lemak yaitu seperti, tulang, darah, otor, dan organ tubuh.

Ini adalah contoh untuk mengukur berat badan ideal anda dengan menggunakan formula ini. Misal nya Andi memiliki berat badan 90,7 kg dan memiliki lemak tubuh 22%. Dengan menggunakan informasi ini, kita dapat mengetahui bahwa LBM Andi adalah 70,7 kg dan lemak tubuh yang Andi miliki adalah 20 kg. Jadi berapakah berat badan ideal Andi? presentasi lemak tubuh ideal bai pria adalah 15%. Apabila berat badan dan masa otot Andi stabil dan LBM ny tetap 70,7 kg, maka Andi harus menurunkan lemak tubuh sebanyak 7,6 kg untuk mencapai presentase lemak tubuh yaitu 15%. Berat tubuh ideal Andi yang seharusnya adalah  83,1 kg. Apabila menghitung dengan menggunakan formula adalah sebagai berikut 70,7 kg / (1 – 0,15) = 83,1. Dengan menggunakan formula ini, Anda dapat mengetahui berat badan ideal pasti tanpa harus menebak. Untuk mengetahui masa lemak tubuh, Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan alat pengukur lemak tubuh yang banyak dijual secara online.

Maka tunggu apa lagi, ayo hidup sehat melalui berat badan ideal!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s