5 Tips Untuk Memasak Lebih Cepat

Bagi sebagian orang memasak itu ribet. Tak heran karena banyak orang tak mengetahui beberapa cara untuk membuat masak menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Apabila Anda adalah salah satunya, maka Anda perlu membaca artikel di bawah ini. Kami harap setelah mengetahui tips di bawah ini Anda akan tertarik untuk memasak, karena memasak makanan sendiri pastinya lebih sehat serta hemat. Berikut tipsnya:

  1. Miliki Dapur yang Efisien

Untuk bekerja lebih cepat, maka pastikan bahwa dapur Anda membantu Anda dalam menghemat waktu. Pada dasarnya untuk menghemat waktu memasak, Anda perlu mengatur posisi peralatan masak agar lebih dekat dengan Anda, sehingga Anda tidak perlu berjalan kesana kemari ketika memasak, namun ada tiga hal yang harus saling berdekatan satu sama lain, yaitu kulkas, kompor dan bak cuci Anda. Bila tiga hal ini sudah berdekatan maka Anda telah cukup menghemat waktu. Posisi tebaik adalah posisi segitiga, yaitu kompor dan bak cuci bersebelahan, sedangkan kulkas berseberangan dari kompor dan bak cuci.

  1. Persiapkan Bahan Masakan

Langkah kedua adalah memastikan semua bahan di kulkas sudah siap untuk dimasak, seperti daging dan sayur yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Sehingga Anda dapat segera menggunakannya kapan pun Anda butuhkan. Bila Anda hendak memasak daging yang dibekukan, keluarkan daging dari freezer dan diamkan daging di suhu udara normal selama kurang lebih 1/2 -1 jam sebelum dimasak.

Selain itu bumbu memasak seperti, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan lain-lain juga perlu Anda persiapkan. Untuk hasil terbaik sebaiknya simpan bumbu masakan di kulkas pada kontainer plastik, pada kondisi bersih dan sudah terkupas, hal ini dimaksudkan agar Anda tidak kesulitan untuk mengupas bumbu masakan satu per satu ketika akan memasak, selain itu penggunaan kontainer plastik untuk menyimpan bumbu masak adalah agar bau bawang dan bumbu lainnya tidak mencemari kulkas Anda. Oleh karenanya, kontainer plastik sangat kami anjurkan untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur. Bila Anda belum memilikinya, Anda dapat membelinya di swalayan terdekat atau Anda dapat membeli kontainer plastic rekomendasi kami, oxone plastic storage secara online. Penggunaan kontainer plastik untuk menyimpan bumbu masakan juga membuat Anda dapat menemukan bahan masakan yang Anda mau secara cepat, oleh karena itu disarankan agar Anda membeli plastic kontainer dengan warna transparan.

  1. Panaskan kompor terlebih dahulu

Mulailah dengan memanaskan kompor atau menyalakan oven terlebih dahulu ketika Anda akan memulai untuk memasak. Hal ini dikarenakan memanaskan peralatan masak membutuhkan waktu, apalagi bila Anda memanaskan minyak goreng atau merebus air dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Pergunakan Tutup Panci dan Kuali Ketika Memasak

Gunakan tutup panci atau kuali ketika Anda sedang merebus dan menggoreng, hal ini memungkinkan masakan Anda lebih cepat matang secara merata.

  1. Lakukan Layaknya Anda Seorang Professional

Untuk memasak cepat Anda harus belajar dari para chef professional, salah satu hal yang Anda dapat contoh adalah pergunakan sendok untuk mengerik kunyit atau jahe, ketimbang menggunakan pisau dapur, hal ini karena sendok memungkinkan pengerikan selesai dengan cepat.

Advertisements

One thought on “5 Tips Untuk Memasak Lebih Cepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s