Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Juicer dan Blender

Mens sana in corpore sano, melalui jargon yang begitu populer ini kita seperti diingatkan bahwa kesehatan tubuh adalah hal yang mutlak guna mencapai pribadi yang unggul. Selain melalui olahraga, menjaga kesehatan tubuh juga dapat Anda capai melalui asupan nutrisi yang tepat, salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, apabila Anda merasa bosan mengonsumsi sayur dan buah dengan jumlah yang cukup banyak, Anda dapat membuat hal tersebut lebih menyenangkan dengan membuatnya menjadi jus atau smoothies, tentunya Anda membutuhkan blender atau juicer untuk membuatnya. Alat juicer atau blender dapat Anda temukan dengan mudah di swalayan terdekat atau bila tidak mau repot Anda dapat membelinya secara online, salah satu produk rekomendasi kami yang dapat Anda coba, juicer dan blender Oxone.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Juicer atau blender ada baiknya Anda mengetaui perbedaan keduanya agar produk yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut perbedaannya:

Juicing

Juicing adalah proses pengambilan air dan nutrisi dari sayur atau buah-buahn dengan memisah dan membuang serat yang tidak dapat diolah oleh tubuh.

Tanpa serat, pencernaan Anda tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Hal ini sangat membantu bagi Anda yang mempunyai sistem pencernaan yang sensitif atau memiliki keterbatasan dalam kemampuan mencerna serat. Sayur atau buah segar yang di juice sangat baik untuk tubuh karena dapat membantu membuang racun serta mengandung banyak nutrisi dan memberikan ketahanan bagi tubuh. Juice dapat membuat Anda mengkonsumsi banyak sayur dan buah dalam 1 porsi gelas, lebih efisien bukan?

Blending

Tidak seperti juice, smoothies/blender mengandung keseluruhan dari buah atau sayur, kulit, hingga serat dari sayuran.

Proses blender juga memungkinkan serat menjadi lebih halus sehingga sayur dan buah menjadi lebih mudah untuk dicerna serta mempermudah nutrisi terserap ke darah dan menjaga gula darah. Selain itu smoothies juga cenderung lebih mengenyangkan ketimbang jus dan blender pun bekerja lebih cepat daripada juicer. Hal ini menjadikan blender sebagai pilihan yang tepat apabila Anda tidak memiliki waktu luang dan menginginkan minuman yang cukup mengenyangkan.

 

Lalu yang mana yang lebih baik Juicer atau Blender?

Blender dan juicer memberikan manfaat yang sama, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda melalui asupan nutrisi buah dan sayur. Mengkonsumsi smoothies atau juice secara rutin akan memberikan manfaat seperti:

  • Meningkatkan asupan kebutuhan sayur anda
  • Tubuh Anda akan lebih mudah menyerap dan mencerna asupan nutrisi
  • Napsu makan Anda akan terjaga dan anda tidak mudah lapar
  • Membantu melakukan detoksifikasi tubuh

Blending

Kelebihan dari menggunakan blender:

  • Dapat digunakan tidak hanya untuk sayuran saja. Bisa juga ditambahkan susu, buah, es, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak dan suplemen
  • Serat/fiber akan membuat Anda terasa kenyang.
  • Blender cukup ekonomis
  • Anak-anak cenderung lebih menyukai smoothies disbanding jus biasa karena dengan blender Anda dapat menambahkan es, serta buah-buahan yang beku sehingga smoothies dapat terasa seperti ice cream.

Juicing

Kelebihan dari menggunakan juicer:

  • Membutuhkan lebih banyak sayur-sayuran karena serat dibuang dengan juicer
  • Lebih mudah untuk mencerna nutrisi. Karena juicer hanya mengambil nutrisi serta air dari buah atau sayur. Jadi tidak ada serat atau ampas sehingga tubuh tidak perlu mengeluarkan energi lebih untuk mencerna serat.
  • Memudahkan penyerapan energi. Selain itu juicer menyimpan kandungan nutrisi buah dan sayuran yang lebih banyak.
  • Dengan juicer, seluruh enzim dan nutrisi tidak akan terbuang sedangkan kecepatan mata pisau pada blender secara perlahan akan membuat smoothies menjadi panas dan dapat membunuh beberapa enzim yang dibutuhkan tubuh, maka dari itu diperlukan es untuk membuat smoothies menjadi tidak panas.

Bagaimana? Juicer atau Blender kah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Atau Anda berniat membeli keduanya? Semua tergantung kebutuhan Anda. Salam hidup sehat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s