Tips dan Cara Membuat Crepes yang Lembut

Bosan dengan penganan yang biasa saja? Crepes bisa jadi pilihan yang baik bagi Anda, karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, crepes sangat cocok dijadikan santapan di pagi atau di sore hari. Bila Anda tertarik untuk mencobanya, ada baiknya bagi Anda untuk mempersiapkan alatnya terlebih dahulu, yaitu crepe maker, Anda dapat membelinya di toko peralatan dapur terdekat atau membelinya secara online di online shop rekomendasi kami, Oxone-online.com dengan brand Oxone. Setelah peralatan yang dibutuhkan tersedia maka Anda dapat mencoba beberapa tips dan cara untuk menghasilkan crepe yang lezat.

  1. Beer

Beer memberikan sedikit rasa , dan karbonasi  yang menjaga adonan crepes lembut dan tidak  keras. Bui air yang muncul saat di masak menjaga crepes tipis.

  1. Wajan dengan ukuran yang tepat

Membuat crepes lebih baik menggunakan wajan yang kecil berukuran 8 inch. Wajan seperti ini membuat Anda lebih mudah dalam membuat crepes karena tidak lengket sehingga adonan crepes tidak mudah rusak.

  1. Saring Adonan

Setelah adonan tercampur, saring adonan tersebut untuk memastikan tidak adanya gumpalan. Langkah ini mungkin sulit dilakukan namun ini akan membuat crepes Anda lebih enak.

  1. Istirahatkan Adonan

Akan lebih baik apabila Anda dapat membuat adonan minimal 8 jam sebelum memasak adonan tersebut. Karena saat adonan didiamkan selama 8 jam, tepung, telur, susu dan seluruh bahan untuk membuat adonan tersebut dapat menyatu lebih baik. Jangan lupa untuk menyimpan adonan di dalam kulkas.

  1. Panaskan Susu

Panaskan susu dan mentega bersamaan, jangan sampai mendidih. Setelah itu campurkan ke adonan telur dan tepung. Susu dan mentega yang hangat dapat membuat adonan crepes tidak lengket di panci.

  1. Gunakan tangan anda untuk membalikkan adonan di panci

Resep Crepes

Bahan:

2 gelas susu hangat

¼ gelas mentega cair

1 ¼ gelas tepung

½ sdt garam

½ sdt gula

3 telur

¾ sdm minyak

½ gelas beer (beer jenis apapun yang ringan)

 

Langkah membuat Crepes:

 

  • Cairkan mentega dan hangatkan susu. Campurkan tepung, gula dan garam menjadi satu. Tambahkan telur, minyak dan aduk menggunakan mixer dengan kecepatan medium atau menggunakan tangan secara manual. Setelah tercampur rata, perlahan-lahan tambahkan campuran mentega dan susu, aduk sampai rata dan mengembang.

 

  • Saring adonan tersebut sampai tidak ada gumpalan yang tersisa. Campurkan adonan kedalam beer dan aduk sampai rata.

 

  • Tuangkan kira-kira ¼ gelas adonan ke wajan yang sudah panas, ratakan adonan di permukaan wajan. Bila dirasa kurang, adonan boleh ditambah sedikit ke wajan. Diamkan kira-kira 2 menit sampai menjadi emas kecoklatan, balikkan adonan ke sisi lainnya dan diamkan kira-kira 30 detik.

 

  • Letakkan seluruh crepes yang sudah jadi dan lapisi kertas roti per setiap crepes agar tidak lengket dan letakkan yang ke dalam oven agar crepes tetap hangat sampai siap di hidangkan. Resep ini cocok di kombinasikan dengan tepung gula, selai, buah dan apapun yang anda sukai.

 

Selamat Mencoba!

Advertisements

One thought on “Tips dan Cara Membuat Crepes yang Lembut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s