Cara Memilih dan Menggunakan Setrika Uap

Memilih jenis alat setrika tergantung pada kebutuhan dan keinginan masing-masing pribadi. Pada satu sisi, alat setrika biasa dapat memberikan hasil setrikaan yang lebih rapih serta dapat membentuk garis lekukan yang diinginkan, akan tetapi di sisi lain, penggunaan steamer/setrika uap lebih mudah dan efisien. Selain itu, tidak seperti alat setrika biasa yang menggunakan metal, steamer menggunakan uap air sebagai bahan dasarnya dengan cara mengendurkan serat pada baju yang kusut sehingga baju akan menjadi rapi dengan sendirinya. Oleh karenanya, penggunaan steamer/setrika uap dapat mengurangi resiko kerusakan pada pakaian, seperti hangus/bolong. Cara kerja steamer/setrika uap yang aman seperti ini sangat cocok dan aman digunakan untuk jenis pakaian berbahan dasar halus seperti silk, satin, velvet dan bahkan wool.  Steamer/setrika uap juga dapat digunakan untuk menyetrika bahan yang tidak bisa mengunakan setrika biasa seperti tirai, jok mobil, bahan kulit, dan ikat rambut. Tertarik untuk memiliki steamer? Anda dapat membelinya di toko peralatan rumah tangga terdekat atau membelinya secara online di website peralatan rumah tangga resmi, salah satu rekomendasi terbaik kami adalah Oxone steamer, Anda dapat membelinya secara online di Oxone-online.com. Namun sebelum Anda terburu-buru membeli steamer ada baiknya Anda mengetahui cara membeli dan menggunakan steamer yang tepat.

Tips Membeli Steamer/ Setrika Uap

Steamer/setrika uap memiliki banyak jenis, bentuk, dan ukuran. Steamer dengan ukuran kecil mudah untuk disimpan dan dibawa, akan tetapi memiliki hasil yang kurang maksimal. Konsumen harus cermat dalam membeli dan mempertimbangan kemampuan tiap steamer, baik dari segi kekuatan, suhu, dan arus uap. Selain itu, konsumen juga harus memperhatikan tangki air steamer. Tangki yang kecil memerlukan pengisisan ulang yang cukup sering dan tempat pembuka yang kecil akan mempersulit pengisian ulang. Namun, konsumen yang kerap melakukan perjalanan jauh cocok dengan steamer jenis ini. Steamer berukuran sedang yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga memiliki selang yang lebih besar. Namun, memiliki rangkaian yang persis dengan steamer kecil. Semakin kuat dan besar tangki air semakin cepat dan efektif pula alat itu bekerja. Steamer ukuran sedang biasanya memiliki rollers dan built in hanger yang memudahkan pengunaan. Steamer berukuran besar biasanya digunakan dalam bisnis seperti laundry, tukang jahit, dan perancang busana. Steamer ini memiliki tangki air yang berukuran sebesar galon.

Cara Terbaik dalam Menggunakan Steamer

  • Steamer/setrika uap melakukan tugas yang lebih baik dalam menghilangkan kerutan atau kusut di pakaian jika dibandingkan dengan setrika pada umumnya. Memiliki setrika jenis ini akan menghemat waktu Anda.
  • Setrika uap bekerja secara vertikal dan horizontal, sehingga akan menghemat lebih banyak waktu Anda karena tidak perlu membolak-balik pakaian saat menyetrika. Namun, setrika jenis ini memerlukan ruang yang cukup besar dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipanaskan (sekitar empat menit atau lebih) jika dibandingkan dengan setrika biasa.
  • Saat menyetrika tumpukan baju yang banyak, pilihlah baju dengan bahan yang halus atau sensitif terlebih dahulu. Bahan-bahan jenis ini harus disetrika dengan suhu yang lebih rendah. Karena steamer menaikkan suhu lebih cepat daripada menurunkannya, sehingga akan lebih baik untuk beralih dari bahan yang halus ke bahan katun.
  • Teknik terbaik saat menyetrika adalah dengan gerakan menjauh dari tubuh Anda untuk menghindari kembali membentuk kerutan saat Anda tidak sengaja bersandar ke pakaian.

Jika ada bagian tertentu yang susah untuk disetrika, semprotkan sedikit air ke daerah yang akan disetrika terlebih dahulu. JIka Anda mempunyai setrika uap, Anda dapat menggunakan pengaturan uap untuk merapikannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s