5 Cara Mudah Membersihkan Peralatan Masak Stainless Steel

Berdasarkan data penjualan peralatan dapur yang dilakukan oleh Oxone, peralatan masak berbahan stainless stell adalah salah satu perlengkapan masak yang paling banyak dimiliki dan digemari ibu rumah tangga, tak heran karena stainless steel cukup awet dan tahan lama selain itu bahan ini juga ringan dan tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan, sehingga Anda tidak perlu menghawatirkan kadar bahan kimia yang akan masuk ke dalam masakan Anda. Namun, stainless steel juga memiliki kelemahan yaitu sulit di bersihkan, oleh karena itu kami ingin membahas mengenai beberapa cara untuk membersihkan peralatan masak berbahan dasar Stainless steel yang katanya sulit dibersihkan agar terlihat kembali baru, berikut caranya:

  1. Air Hangat +Sabun Pencuci

Untuk penggunaan sehari-hari, Anda cukup beri air pada peralatan masak Anda dan buang sisa makanan yang menempel. Kemudian, cuci menggunakan spons yang sudah diberikan sabun dan air hangat, namun gunakan spons berbahan dasar halus dan hindari penggunaan spons dengan bahan kasar, seperti kawat karena dapat meninggalkan bekas goresan pada peralatan Anda. Untuk melepaskan kotoran-kotoran membandel Anda dapat menggunakan spons dengan bahan dasar nilon. Setelah semua bagian di bersihkan dan diberi sabun, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  1. Air + Cuka

Apabila Anda sering merebus menggunakan panci stainless steel, maka Anda akan melihat kerak putih pada bagian panci Anda, kerak tersebut adalah deposit kalsium atau mineral yang tertinggal. Untuk menghilangkan kerak putih ini, Anda dapat menggunakan cuka, caranya campur 3 atau 4 sendok air dengan perbandingan sepertiga atau seperempat cuka dari banyaknya air. Diamkan sejenak dan jangan terlalu lama karena dapat menimbulkan karat, kemudian cuci dengan sabun dan bilas dengan air bersih.

  1. Air Panas

Menghilangkan bekas gosong pada peralatan stainless Anda adalah pekerjaan yang cukup menyulitkan, namun tak perlu khawatir karena Anda dapat menghilangkan bekas gosong tersebut menggunakan Air panas atau air mendidih, caranya masukan atau rendam peratan stainless dengan air panas dengan jumlah yang cukup banyak, lalu diamkan beberapa saat hingga air panas berubah menjadi hangat, kemudian cuci seperti biasa peralatan masak Anda.

  1. Air + Baking Soda

Untuk membuat tampilan peralatan Anda kembali baru, Anda dapat membuat bahan campuran pembersih dengan menggunakan baking soda dan air. Pada bagian luar peralatan masak Anda, usapkan adonan baking soda dan air menggunakan kain halus, kemudian lap kering setelah pembilasan menyeluruh dalam air hangat.

  1. Air Panas + Baking Soda + Pembersih Asam Oksalat

Jangan panik bila peralatan rumah tangga Anda memiliki noda cokelat, karena Anda dapat membersihkannya dengan merendam peralatan masak dalam air panas lalu tambahkan beberapa sendok makan baking soda dan biarkan terendam selama beberapa jam setelah itu gunakan pembersih asam oksalat. Bilas dan cuci bersih dengan sabun.

Demikianlah cara membersihkan peralatan masak berbahan stainless steel, semoga tips tersebut dapat bermanfaat. Apabila Anda membutuhkan peralatan dapur berbahan stainless steel Anda dapat mengunjungi berbagai outlet peralatan dapur dan rumah tangga terdekat. Atau Anda dapat membeli peralatan stainless steel rekomendasi kami Oxone  secara online di www.oxone-online.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s